Ibu Hamil, 5 Makanan Bisa Mengurangi Ketika Mual. Yuk Disimak dan Dikonsumsi

Ibu Hamil, 5 Makanan Bisa Mengurangi Ketika Mual. Yuk Disimak dan Dikonsumsi


Ibu hamil memasuki usia kandungan trimester pertama, sering kali ibu hamil merasakan mual juga muntah, atau yang disebut dengan morning sickness. Kondisi demikian kondisi yang umum dirasakan ketika sedang ibu hamil muda.


Deskripsi sering mual juga muntah, hal ini dapat menyebabkan ibu hamil menjadi dehidrasi serta membahayakan kandungan. Rasa mual dapat membuat nafsu makan jadi menurun. Padahal ketika ibu hamil, tubuh memerlukan asupan gizi  seimbang, untuk mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan, agar  sehat selalu.


Memenuhi kebutuhan gizi serta mencegah mual, dapat mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang dapat menghilangkan rasa mual. Berikut beberapa makanan yang dapat mengurangi mual ketika ibu hamil, dilansir dari beragam informasi.


Mual ketika ibu hamil sering dialami di trimester pertama, yang disebut dengan morning sickness. Kondisi ini dapat muncul di pagi, siang atau malam hari, yang sebenarnya belum diketahui secara pasti penyebabnya.


Akan tetapi penyebab mual acap kali dikaitkan dengan beberapa faktor seperti adanya perubahan hormon saat ibu hamil, terlalu sensitif saat mencium bau atau merasakan sesuatu, terlalu stres dan mengalami infeksi pada saluran kencing.


Mual yang terjadi saat ibu hamil ini merupakan kondisi yang normal dan tidak membahayakan kondisi janin di dalam kandungan. Tetapi kalau terlalu sering mual dan muntah, tubuh akan terasa dehidrasi dan kelelahan, yang bisa membahayakan kondisi ibu dan pertumbuhan janin dalam kandungan.


Ibu Hamil, 5 Makanan yang Dapat Mengurangi Mual Saat


1. Jahe

Jahe adalah salah satu jenis rempah-rempah yang bisa digunakan untuk mengurangi rasa mual saat hamil. Karena jahe memiliki kandungan senyawa bioaktif, yang bisa meredakan mual dan melancarkan sistem pencernaan.


2. Makanan Tinggi Karbohidrat

Ibu hamil bisa mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat seperti nasi, untuk membantu mengurangi rasa mual saat hamil. Makanan yang tinggi karbohidrat bisa mengurangi asam lambung yang naik saat hamil, serta membuat perut kenyang lebih lama.


3. Makanan Berprotein

Orang yang sedang hamil pasti membutuhkan asupan protein tinggi, untuk menyeimbangkan hormon, mengurangi rasa mual dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Protein yang bisa dikonsumsi ibu hamil adalah daging, tahu, tempe, kacang atau selai kacang.


4. Sup

Makanan yang bisa mengurangi mual yang selanjutnya adalah sup. Sup ayam bisa menghangatkan perut ibu yang kembung, karena makanan ini mudah dicerna oleh lambung. Sup juga bisa meningkatkan elektrolit di dalam tubuh, sehingga ibu hamil tidak mudah dehidrasi.


5. Makanan Dingin

Jenis makanan yang terakhir adalah makanan dingin seperti es krim, buah potong dingin dan yoghurt. Makanan dingin bisa membuat perut nyaman, tidak memiliki aroma kuat dan membantu melancarkan sistem pencernaan.


Ibu Hamil dsn Tips Saat Makan Agar Tidak Mual


Selain mengonsumsi makanan yang bisa mengurangi rasa mual, ibu hamil juga harus mengubah pola makan dengan benar. Karena pola makan yang tidak benar, bisa menyebabkan mual dan sistem pencernaan menjadi terganggu.


Untuk mengurangi rasa mual saat hamil, makanlah dengan porsi makan yang kecil tetapi sering. Porsi makan yang terlalu besar bisa membuat sistem pencernaan terlalu berat mencerna makanan. Dan imbangi dengan minum air putih sedikit demi sedikit saat makan, untuk melancarkan pencernaan.


Hindari mengkonsumsi makanan yang terlalu berlemak, karena bisa meningkatkan rasa mual dan mengganggu sistem pencernaan. Jika selesai makan, usahakan untuk tidak langsung tidur atau berbaring.


Referensi

https://www.fimela.com/parenting/read/4573816/5-makanan-yang-dapat-mengurangi-mual-saat-hamil


Ibu Hamil, 5 Makanan Bisa Mengurangi Ketika Mual. Yuk Disimak dan Dikonsumsi
Ibu Hamil, 5 Makanan Bisa Mengurangi Keyika Mual. Yuk Disimak dan Dikonsumsi




33 Comments

  1. Jagoan Banten menyarankan agar para ibu hamil baca tulisan ini

    ReplyDelete
  2. Ini ilmu yang blom bisa saya terapin sekarang...soalnya blom ada istri nyaa😆

    ReplyDelete
  3. hehe bermanfaat bagi ibu hamil di awal kehamilan

    ReplyDelete
  4. Aaaa.. jadi ingat masa hamil dulu. Memang tidak semua ibu hamil mengalami mual, ya mas. Namun kebanyakan spt itu. Dulu aku anak oertama, sudah mual, pusing, tidak kuat berdiri pula. Nah anak kedua mual hanya sesekali, tapi masih kuat wara wiri. Memang setiap kehamilan punya ceritanya sendiri. Bermanfaat juga nih untuk ibu-ibu yang sedang hamil, boleh dicoba sarannya. Terima kasih mas info berfaedahnya.

    ReplyDelete
  5. Yang ampuh buat saya pribadi waktu hamil itu poin 5. Jadi kalau makan buah, itu senang banget kalau abis keluar dari kulkas. Kalau poin 3, saya enggak suka sama uap nasi pas abis mateng di masak pasti mual, jadilah kalau buka penanak nasi harus jauh-jauh dulu

    ReplyDelete
  6. info yang bermanfaat untuk bumil. mungkin bisa diterapkan juga untuk wanita single kayak aku biar sehat selalu ya mbak. terutama mengurangi es krim hihii

    ReplyDelete
  7. kalo saya sering mual karena asam lambung

    jahe emang paling tepat, nggak hanya untuk mual juga pencegah batuk

    ReplyDelete
  8. Saya setuju kalo jahe memang bagus untuk mencegah mual. Bau sedap pada jahe juga bisa bikin pikiran jadi rileks. Jadi mengonsumsi jahe bagus ya tuk ibu hamil?

    ReplyDelete
  9. baca ini jadi pengen hamilll..hahahaha....jadi inget dulu hamil anak pertama dan kedua sama ..pada gak suka bau bakso...janganakn bau bakso...denger kata dan tulisan geber bakso aja udah mual..ahhaha dan keduanya cewek...hahaha padahal hari2 kalo gak hamil aduhh atunya bakso aku ini kwkwwk...bener banget mba jahe ini ampuh bange kalo mengatasi mual...sejata andalan ibu hamil deh ini..

    ReplyDelete
  10. Makanan tinggi karbo justru bisa mengurangi mual, ya. Seneng deh kalau bapak2 juga perhatian sama bumil.

    ReplyDelete
  11. Wah ternyata makanan karbo bisa menghilangkan mual ya. Ih suami aku mah... Ga perhatian deh... Selamat ya pak bisa membahagikan bumi lewat perhatiannya. Keren deh bapak....

    ReplyDelete
  12. Trisemester pertama kehamilan memang masa-masa adaptasi ibu hamil. Apalagi jika itu adalah kehamilan pertama. Trik di atas mungkin bisa membantu ya Mas. Walaupun kadang mual tersebut sejatinya tak ada obatnya.

    ReplyDelete
  13. sepertinya aku akan memilih dibuatkan jahe dan sup hangat
    karena biasanya bisa masuk ke mulut dan meredakan aroma mulut
    lebih hangat dan rasanya segaaar

    ReplyDelete
  14. mual mual paling parah itu waktu hamil anak pertama, untunglah waktu itu musim mangga muda. Begitu terasa mual aku makan mangga muda. Ampuh banget, mualnya jadi hilang...

    ReplyDelete
  15. Dulu waktu trimester pertama saya hamil, makan apapun pasti mual
    Nah, trik saya sih sebelum makan adalah minum air putih dulu, biarkan rasa mual datang, pas muntah kan air putih saja, baru deh bisa makan dengan tenang, hehehe

    ReplyDelete
  16. Ibu hamil tu emang unik ya.. Yang biasanya gapapa..jadi mual kalau mencium baunya apalagi makan.. Tapi emang harus dipaksain makan ya biar nutrisi untuk ibu dan bayi terpenuhi

    ReplyDelete
  17. Kebetulan saya konsumsi semua itu dan memang ga mual. Tapi salah satu yang saya perhatikan, saya jadi mual kalau habis makan asam, dan ini sangat saya hindari.

    ReplyDelete
  18. pas banget tadi temenku curhat kalau dia mual karena lagi hamil awal, otw langsung forward ke dia nih mba. Makasiiiih

    ReplyDelete
  19. Nah, kalau jahe aku sudah membuktikan. Minuman dingin juga mempan loh untuk mengurangi mual. Baik ketika hamil atau mabuk kendaraan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi kalau minuman dinginya manis dan segar yah , hehe.

      Delete
  20. kalau andalahku emang jahe mbak, baik itu minum minumah jahe or ngemut permen jahe. jadi selama hamil gak tinggal ma itu. soalnya kalau dah mual duh susah aktivitas.

    ReplyDelete
  21. Kenapa baru sekarang baca tutorial ini, kemarin waktu hamil istri saya sering muntah muntah dan susah makan, sampai bingung mau masak apa. Tutorialnya bermanfaat

    ReplyDelete
  22. Morning sickness sering banget dialami oleh ibu hamil, dengan rasa yang tidak nyaman tentu saja
    Tips dan infonya sangat bermanfaat nih, coba ku kasih tau teman yg tengah mengandung siapa tau bisa cukup membantu

    ReplyDelete
  23. Makanan dingin ini banyak yang memfavoritekannya ya kak. Protein ini nih yang kadang malas menginsumsinya karena kadang bikin neg banget

    ReplyDelete
  24. Saya lupa - lupa inget deh rasanya morning sickness , thanks ya sharingnya.

    ReplyDelete
  25. Minum jahe parut terus diminum airnya memang itu bikin seger dan ga bakal perut mual, sampe sekarang-pun aku masih tetep minum air hangat jahe

    ReplyDelete
  26. Morning sickness tuh kadang-kadang bukan sekedar gak bisa makan. Kalau saya dulu, kepala pusing dan gak bisa kena sinar matahari. Gak ada sebab musabab logis kenapa bisa begitu. Karena begitu lewat 1 bulan, kondisi tubuh balik seperti biasa.

    ReplyDelete
  27. Yang saya alami pas hamil dulu, memang bener sih Jahe bisa ngurangin mual. Saya harus nyetok permen Jahe, begitu mual makan permen ini, agak reda emang

    ReplyDelete
  28. ah iya, aku dulu pas hamil sukanya makan permen jahe buat ngilangin mual
    terus selama hamil hanya makan protein,g bisa makan nasi

    ReplyDelete
  29. Jahe memang bagus memang untuk pencernaan, jadi wajar ya masuk daftar jenis makanan/minuman yang meredakan mual pada ibu hamil. Saya suka banget jahe direbus sama gula aren. Sangat nikmat....

    ReplyDelete
  30. Saya dulu pas hamil, mual muntah sepanjang 9 bulan. Susah makan dan minum. Tempe dan Tahu malah bikin tambah mual. Nah kalau makanan dan minuman dingin iya, bisa mengurangi mual muntah. Tapi ibu2 beda-beda ya kondisinya.

    ReplyDelete
  31. Thanks mas, kebetulan aku belum melewati masa hamil nih, noted banget buat nantinya.

    ReplyDelete
  32. Artikelnya pasti bermanfaat banget buat yang sedang hamil, nih! Tapi memang betul lho, kalau lagi mual enaknya makan sup. Bikin perut terasa enakan :)

    ReplyDelete
Previous Post Next Post