Memilih Jurusan Kuliah di Universitas, Binggung Tidak Lagi

Memilih Jurusan Kuliah di Universitas, Binggung Tidak Lagi
Memilih Jurusan Kuliah di Universitas, Binggung Tidak Lagi



Memilih Jurusan Kuliah di Universitas, Binggung Tidak Lagi

Memilih jurusan kuliah memang terasa membingungkan bagi sebagian orang. Ditambah lagi dengan banyaknya pilihan jurusan dan kampus yang ada.


Hal ini disebabkan dalam memilih jurusan kuliah bisa sama halnya dengan memilih masa depan. Tidak sedikit pekerjaan di masa depan kelak bergantung dari jurusan yang dipilih saat kuliah.


Lantas, kamu siswa lulusan IPS atau justru masih sekolah dan bingung dalam memilih jurusan kuliah?


Dikutip dari laman resmi Teknik UNPAS (Universitas Pasundan), berikut ini 7 jurusan kuliah pilihan bagi lulusan IPS beserta dengan prospek kerjanya masing-masing.


7 Jurusan Kuliah Lulusan IPS dan Prospek Kerjanya

1. Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan ini sangat cocok bagi kamu yang aktif, cenderung memiliki kegemaran dalam bersosialisasi dan berkomunikasi, dan juga cakap berbicara. Melalui jurusan ilmu komunikasi, kamu akan dilatih terkait bagaimana cara berbicara, mendengarkan, dan menulis yang baik dan benar.


Prospek kerja bagi lulusan ini biasanya ditemukan pada pekerjaan penyiar, jurnalis, atau pun perusahaan media massa.


2. Jurusan Psikologi

Siapa yang tidak mengenal jurusan psikologi? Jurusan ini menjadi salah satu jurusan terpopuler di berbagai negara. Dalam jurusan psikologi ini nantinya akan dipelajari bagaimana memahami jiwa diri sendiri maupun orang lain.


Melansir dari laman resmi Ma'soem University, prospek kerja yang dapat dipilih oleh mahasiswa psikologi adalah Human Resource Development (HRD), konselor, guru BK (Bimbingan Konseling), psikolog, dan terapis ABK (Anak Berkebutuhan Khusus).


3. Jurusan Hubungan Internasional

Bagi kamu yang tertarik dengan permasalahan dan dinamika negara-negara di dunia, jurusan hubungan internasional jawabannya. Program studi ini melibatkan topik-topik dari dalam negeri maupun luar negeri.


Jurusan ini termasuk yang paling diminati lulusan SMA. Sebagai contoh di Universitas Indonesia untuk jalur SNMPTN 2020 terdapat 742 pendaftar dengan kuota 11 orang, lalu jalur SBMPTN hanya diterima 16 orang dari 1.627 pendaftar. Adapun dari jalur mandiri dari 3.464 pendaftar hanya diterima 28 calon mahasiswa.


Pekerjaan yang sering ditemukan bagi lulusan jurusan hubungan internasional di antaranya adalah duta besar, diplomat, staf kantor internasional, wartawan, jurnalis, hingga peneliti.


4. Jurusan Hukum

Jurusan ini juga tidak kalah populer dengan jurusan psikologi. Bahkan jumlah peminat jurusan hukum pada UTBK-SBMPTN 2021 di Universitas Indonesia mencapai angka 3.370 pendaftar. Hal inilah yang membuat hukum menjadi prodi dengan peminat terbanyak kelompok soshum.


Melalui jurusan hukum, kamu akan menemukan banyak hafalan pasal-pasal hingga berdebat dengan kritis dan cerdas. Profesi yang biasa ditemukan dari lulusan mahasiswa hukum adalah pengacara, hakim, notaris, konsultan hukum, diplomat, atau pun dosen.


5. Jurusan Akuntansi

Pilihan jurusan ini cocok bagi kamu yang berminat untuk berkecimpung dalam dunia angka dan perhitungan keuangan. Melalui jurusan akuntansi, kamu juga diajarkan untuk bertanggung jawab, fokus, dan teliti dalam menghadapi masalah.


Prospek kerja bagi lulusan akuntasi tidak hanya terbatas di perbankan, sebab banyak perusaaan akan selalu mencari lulusan akuntansi untuk posisi akuntan.


6. Jurusan Ekonomi

Jurusan ekonomi merupakan jurusan dengan ilmu sosial yang mendasar. Melalui jurusan ini kamu akan fokus pada upaya pengalokasian sumber daya yang terbatas dan memperoleh keuntungan optimal.


Mengutip dari laman resmi STIE Dharma Negara, prospek kerja jurusan ekonomi di antaranya adalah ekonomi, juru taksir, pengajar bisnis, akuntan, analis manajemen bisnis, pemeriksa keuangan, pemeriksa dan pengumpul pajak dan agen revenue, pegawai pajak, auditor, dan analis riset operasional.


7. Jurusan Sastra

Jurusan sastra tidak hanya berkaitan dengan bahasa saja, namun erat pula kaitannya dengan budaya negara yang dipilih. Di kampus-kampus Indonesia terdapat macam-macam jurusan sastra dari berbagai negara, seperti sastra Indonesia, sastra Inggris, sastra Jepang, sastra Rusia, dan sastra Cina.


Peluang kerja lulusan sastra, antara lain jurnalis, editor, penulis, hingga bekerja di media televisi.


Itulah 7 jurusan yang dapat dipilih bagi lulusan IPS beserta prospek kerjanya. Namun, perlu diingat prospek kerja dari jurusan-jurusan tersebut tidak melulu terbatas hanya yang tertulis di atas, ya!

1 Comments

  1. Kalimat di dalam judul artikel (terutama yg bagian akhir), koq ambigu ya? Harusnya kan "tidak bingung lagi".. 🤥🤥😯

    ReplyDelete
Previous Post Next Post