komunitas sahabat blogger

Buat Akun Blog WordPress, Ikuti Penjelasannya

Buat Akun Blog WordPress, Ikuti Penjelasannya

 

Blogging

Menulis bisa dilakukan oleh siapapun, kapan pun dan dimanapun. Bahkan bisa dikembangkan ke arah profesionalitas seiring waktu ketika ditekuni sebagai salah satu ketrampilan. Masa digital bisa mendukung semuan aktifitas menulis salah satunya. Adapun platform digital yang bisa pilih platform blogging gratis untuk memulai menulis untuk blog pribadi atau bisa juga untuk berjualan online melalui media website.

Platform blog merupakan tempat atau situs menyediakan akun blog, sampai saat ini beragam platform blog gratis yang bisa menjadi pilihan alternatif untuk kamu membuat blog. Platform blog ini memberikan keunggulan diantaranya kemudahan, aksesibilitas, dan gratis saat digunakan para pembuat blog.

Sekarang ini ada beberapa aplikasi atau platform yang bisa membantu untuk membuat blog secara gratis dan mempublikasikan artikel. Platform blog yang terkenal dan paling diminati adalah blogger atau blogspot serta wordpress.

 

Nah untuk kamu yang sedang mencari platform blogging gratis dengan fitur yang lengkap, berikut ini rekomendasi platform blogging gratis yang bisa kamu gunakan :

1. Blogger / Blogspot

Platform Blog yang terkenal dan paling diminati adalah Blogger. Disini bisa membuat blog secara gratis. Selain itu, juga bisa menggunakan nama domain profesional sendiri untuk dihubungkan ke blogspot dengan penyedia domain.

Meskipun bisa menggunakan tema yang sangat terbatas jumlahnya namun kamu benar-benar bisa menggunakan blogger secara gratis dengan fitur terbaik untuk membuat blog sederhana.

 

2. WordPress.com

Jika kamu ingin membuat blog sederhana tanpa memikirkan fleksibilitas, maka kamu bisa menggunakan platform WordPress.com. Dengan menggunakan platform ini, kamu bisa membuat blog dengan cepat dan gratis tanpa mengeluarkan biaya untuk hosting dan domain.

 

3. Medium.com

Medium.com adalah salah satu platform penulisan yang bisa kamu gunakan secara gratis. Medium dikembangkan oleh Evan Williams, mantan CEO Twitter dan salah satu pengembang Blogger, bersama dengan Biz Stone.

Sejak tahun 2012 Medium.com sudah digunakan oleh banyak penulis untuk membagikan tulisannya. Tampilan yang menarik dan terkesan minimalis membuat orang-orang betah untuk berselancar di dalamnya.

 

4. Wix

Wix merupakan platform yang memungkinkan kamu membuat website melalui editor drag and drop yang praktis. Wix menyediakan lebih dari 500 template yang bisa kamu edit untuk menyempurnakan blog kamu.

Wix memungkinkan kamu membangun blog yang berfungsi dalam beberapa menit. Wix memberimu banyak kebebasan untuk mengekspresikan imajinasi kamu saat membuat website blog kamu. Wix merupakan platform blogging gratis, Namun untuk paket gratis memiliki keterbatasan dalam pengelolaan blog ya.

 

5. LinkedIn

LinkedIn adalah salah satu aplikasi yang berfungsi untuk membangun karir profesional yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan blogging. Yang menjadi nilai plus dari LinkedIn adalah semua yang menggunakan aplikasi ini kebanyakan dari kalangan profesional.

Untuk membuat tulisan pun mudah sekali, tinggal masuk ke profile kemudian pilih “Post”. Apabila kamu rajin sharing di LinkedIn maka koneksi kamu akan semakin meningkat.

 

6. Tumblr.com

Tumblr.com adalah salah satu platform terbaik ketika berbicara tentang visualisasi. Gambar, video, musik, semua itu benar-benar mudah untuk ditampilkan di profil tumblr. Tumblr.com adalah rajanya social media untuk blog karena fitur “explore” yang sangat terasa aura komunitasnya.

Ada banyak cara kreatif yang bisa kamu lakukan dalam menampilkan Gambar, video, musik di Tumblr. Orang-orang juga dapat “Reblog” posting yang kamu buat, lalu pada akhirnya akan membuat pengikut dan fanbase blog tumblr kamu bertambah banyak dan semakin terkenal.

 

7. Weebly

Weebly menawarkan lebih dari sekedar blogging. Weebly adalah website builder yang menyediakan fitur lengkap. Kamu bisa memilih weebly ini sebagai Landasan Designer yang memungkinkan kamu membangun website, sehingga Weebly bisa kamu gunakan secara efektif sebagai sistem manajemen konten

   

8. Quora

Quora adalah forum online atau sarana diskusi       

 

Buat Akun Blog WordPress, Ikuti Penjelasannya

Membuat website di WordPress terbilang sangatlah mudah, apalagi jika menggunakan platform yang tepat. WordPress bukan hal asing lagi bagi banyak kalangan, karena disebut sebagai CMS atau platform pembuatan website paling populer di dunia. 

Salah satu yang membuat WordPress makin populer adalah kemudahan penggunaan dan fiturnya yang lengkap. Tidak hanya digunakan sebatas pribadi saja, akan tetapi perusahaan juga mempercatakan WordPress sebagai plafofrm pembuatan websitenya. 

Namun, ada yang perlu diketahui ada perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org dalam pembuatan website.  Perbedaan keduanya laman tersebut terletak pada host aktualnya. Jika menggunakan WordPress.com, tidak perlu mengeluarkan uang untuk hosting dan domain website. 

Sedangkan WordPress.org, memberikan keleluasaan dan berbagai fasilitas lainnya yang bisa dimiliki. Pengguna bisa menentukan kapasitas penyimpanan sesuai kebutuhan, memasang plugin, iklan AdSense dan menginstall tema apa saja. 

 

Buat Akun Blog WordPress

  1. Install WordPress
  2. Mengelola Dashboard WordPress
  3. Install Tema WordPress
  4. Install Plugin
  5. Posting Artikel
  6. Membuat Halaman WordPress
  7. Optimasi WordPress
  8. Setting keamanan WordPress

 

Sekian penjelasan sahabat pembaca cara buat akun blog WordPress, ikuti penjelasannya semoga bermanfaat untuk menunjang aktifitas menulis sebagai salah satu ketrampilan.

 

Referensi

https://insulteng.pikiran-rakyat.com/tutorial/pr-902563478/8-langkah-membuat-blog-wordpress-bagi-pemula-gratis-dengan-fitur-lengkap

 https://hitekno.com

 

Berikut ini 8 langkah membuat blog WordPress dengan mudah, cukup mengikuti langkah-langkahnya
Buat Akun Blog WordPress, Ikuti Penjelasannya


Next Post Previous Post
13 Comments
  • Iwan Hendrawan
    Iwan Hendrawan 10 September 2021 at 23:44

    Wah mantep informasinya, harus coba prakek nih bikin blog di WordPress, saya kebetulan punya blog di WordPress

  • Bunda Erysha (yenisovia.com)
    Bunda Erysha (yenisovia.com) 11 September 2021 at 05:23

    Dulu waktu awal ngeblog, saya bikin blog langsung pakai blogspot Kak. Karena dulu saya ga tahu yang namanya wordpress. Karena saya sangka kalau bikin blog ya di blogspot hihihi 😂. Sekarang setelah tahu tentang worpress juga, saya jadi taju plus dan minusnya blogspot dan wordpress.

  • Keke Naima
    Keke Naima 11 September 2021 at 07:37

    Kebanyakan cara membuat blog memang mudah, ya. Termasuk membuat akun WP. Yang sulit memang konsistennya

  • Okti Li
    Okti Li 11 September 2021 at 15:17

    Nomor dua, empat, tujuh dan delapan saya belum pernah mengetahui nya sebelumnya. Terimakasih informasinya. Saya mau coba ah soalnya penasaran sama medium, wix, weebly dan Quora itu...

  • Intan Daswan
    Intan Daswan 11 September 2021 at 19:13

    Aku dulu awal ngeblog pake worpress. Tapi, pindah ke blogspot dan sekarang lebih nyaman pake blogspot.

  • Melalak Cantik
    Melalak Cantik 11 September 2021 at 20:21

    Era digital ini semakin banyak cara yang mudah untuk membuat blog ya. Beragam informasi juga bisa ditemukan di internet. Saya sendiri punya blog di beberapa platform tapi memang untuk akun blog wordpress masih belum TLD sih.

  • Wahid Priyono
    Wahid Priyono 11 September 2021 at 20:22

    Kalo saya pribadi senang pakai domain pribadi (berbayar) dan sewa hosting, karena semua akses ke platform berbayar ini bisa sesuai keinginan kita. Kita sebagai host untuk rumah kita sendiri, jadi bebas mau ngoprek web tanpa batasan waktu.

  • Annie Nugraha
    Annie Nugraha 11 September 2021 at 21:06

    Saya pengguna wordpress dan puas dengan fasilitasnya sejauh ini. Belum ada niatan berpindah hati.

  • hujan di jendela
    hujan di jendela 12 September 2021 at 00:41

    Jadi ingat masa awal ngeblog saya masih menggunakan blogspot sampai akhirnya sekarang migrasi ke wordpress. Memang tergantung selera, budget dan kebutuhan untuk apa yang pasti ngeblog sangat menarik bagi yang hobi menulis dan berbagi.

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 12 September 2021 at 03:09

    Daku juga ada blog satu lagi wordpress, dan mudah untuk mengoperasikannya

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah 12 September 2021 at 04:24

    aku belum punya blog WP kak, sejauh ini belum ingin berpindah karena nggak pinter ngoprek juga sih. Dan dari beberapa list di atas aku belum pake semuanya

  • Mutia Ramadhani
    Mutia Ramadhani 12 September 2021 at 04:37

    Udah enam tahun pakai wordpress. Alhamdulillah gak pernah ada trouble yang super mumet. Semua masalah bisa diselesaikan. Senang banget karena semua sudah ada templatenya, bahkan saya yang gak ngerti apa-apa pun bisa ngoprek dikit-dikit.

  • Fionaz
    Fionaz 20 September 2021 at 05:52

    Blog wordpress q masih blog gratisan kak, selama ini masih nyaman pake blogspot.

Add Comment
comment url