Ticker

6/recent/ticker-posts

Pentingnya Pola Hidup Bersih dan Sehat



Pentingnya Pola Hidup Bersih dan Sehat

Semoga dengan adanya materi ini dapat menjadikan kesadaran untuk hidup dengan pola hidup bersih dan sehat.

Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat. 

Perilaku hidup bersih dan sehat pada dasarnya merupakan sebuah upaya untuk menularkan pengalaman mengenai pola hidup sehat melalui individu, kelompok ataupun masyarakat luas dengan jalur – jalur komunikasi sebagai media berbagi informasi. 

Manfaat Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Ada banyak cara untuk memulai hidup sehat, salah satunya adalah dengan menerapkan kebersihan personal yang dimulai dari rumah. 

Aplikasi pola hidup bersih dan sehat juga dapat membantu Anda dan orang sekitar terhindar dari penyakit umum yang disebabkan oleh virus dan kuman.

1. Manfaat Kesehatan Tubuh

Setiap hari Anda bersentuhan dengan banyak kuman dan virus. Menerapkan pola hidup sehat sederhana seperti mencuci tangan, menyikat gigi, membersihkan ruangan, dll dapat mencegah Anda dari bahaya penyakit tertentu. Secara umum, menjaga kebersihan dapat membuat Anda lebih sehat.

2. Manfaat di Lingkungan Sosial

Bila Anda menerapkan pola hidup bersih, maka Anda akan terlihat lebih sehat dan menarik. Hal itu akan memberikan kesan baik di lingkungan sosial. Sebaliknya, bila Anda tidak bersih Anda mungkin akan menerima stigma buruk dan kerugian sosial.

3. Manfaat Psikologi

Tubuh yang sehat mencerminkan pribadi yang sehat. Memiliki tubuh yang sehat akan menunjang penampilan Anda dan menambah percaya diri, yang kemudian mungkin juga akan berpengaruh pada kondisi psikologis Anda.

Cara Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Rumah

Pola hidup bersih dan sehat dapat diterapkan dengan cara-cara sederhana dan dimulai dari lingkungan rumah Anda. Berikut ini adalah cara menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah, yaitu:

1. Menerapkan kebiasaan cuci tangan
2. Menjaga kebersihan toilet
3. Menjaga kebersihan mulut dan gigi
4. Menjaga kebersihan tubuh
5. Menjaga kebersihan ruangan
6. Menjaga kebersihan saat anda sakit
7. Menjaga kebersihan kuku
8. Tidak merokok di dalam rumah
9. Memberantas jentik nyamuk
10. Menjaga kebersihan rambut
11. Menerapkan pola makan sehat
12. Olahraga teratur


Pentingnya Menjalankan Pola Hidup Bersih dan Sehat

Prinsip kedua dari pola makan dengan Gizi Seimbang adalah pentingnya pola hidup bersih. Pola makan ber-Gizi Seimbang akan menjadi tak berguna bila tidak diikuti dengan penerapan prinsip dan kebiasaan hidup bersih, seperti: 

1. Mencuci tangan sebelum makan dengan air bersih dan sabun.
2. Menyajikan makanan dalam keadaan selalu tertutup agar tak dihinggapi serangga/lalat.
3. Memasak makan dengan suhu yang tepat agar kuman mati.
4. Mencuci sayur dan buah hingga bersih, serta (5) menjaga makanan dan minuman agar tidak tercemar oleh logam berat.

Termasuk dalam pola hidup bersih adalah menjalankan pola hidup sehat seperti menghindari konsumsi rokok, alkohol serta hal-hal yang dapat membahayakan kesehatan. Lakukan imunisasi atau vaksinasi sesuai anjuran. Prinsip pola hidup bersih dalam Gizi Seimbang mendukung program kesehatan lingkungan yang dikenal dengan program PHBS. Untuk mencapai visi Indonesia Sehat, Pusat Promosi Kesehatan, Departemen Kesehatan telah melakukan upaya pemberdayaan masyarakat dengan melakukan sosialisasi mengenai pentingnya PHBS pada tingkatan rumah tangga.

Sekian dari saya, mohon maaf apabila ada kesalahan kata-kata. Semoga kita dapat banyak belajar dan dapat menyadarkan kawan - kawan semua betapa penting hidup dalam lingkaran kesehatan.

Pentingnya Pola Hidup Bersih dan Sehat
Pentingnya Pola Hidup Bersih dan Sehat


Pentingnya Pola Hidup Bersih dan Sehat
Pentingnya Pola Hidup Bersih dan Sehat


www.mochferrydwicahyono313.com.Pentingnya Pola Hidup Bersih dan Sehat
Pentingnya Pola Hidup Bersih dan Sehat



Post a comment

16 Comments

  1. pola hdup sehat seperti yang ditulis diatas menag sangat erlu diterpakan untuk kondisi pandei saat ini, manfaat menjaga pola hidup bersih juga sangat baik sekali ya mas...sebenranya kalo mencucu tangan itu ya menang bagus pake sabun cuci tangan, biar lebih manteb bersih dan wanginya...hehehe ...makasih selalu diingetn kita ya ...

    ReplyDelete
  2. Pola Hidup bersih dan sehat kudu diterapkan secara optimal ya.
    terima kasih sudah berbagi ya kak

    ReplyDelete
  3. Pola hidup sehat dan bersih sangat bagus untuk diterapkan. Tidak hanya dr luar tp dr tubuh kita pun jg, ya. Metode mencuci tangan pun sebaiknya spt yg dituliskan. Memakai air mengalir, bukan hanya HS atau tisu basah. Self reminder jg nih. Hehehhe krn kebiasaan yg cepet make tisu basah buat anak2ku. Tks kak infonya.

    ReplyDelete
  4. Harus sering diingatkan dan komitmen pola hidup sehat ini. Makasih kak infonya. Meski di rumah tetap jaga kesahatan.

    ReplyDelete
  5. cuci tangan dengan benar sudah lama dikampanyekan

    tapi baru diterapkan dengan konsisten sesudah pandemi Covid 19 ya?

    ReplyDelete
  6. pola hidup bersih dan sehat memang penting ya kak apalagi ini sedang pandemi....jadi harus pinter2 menjaga daya tahan tubuh dg konsumsi sayur dan buah... air putih juga penting biar tubuh terhindrasi. tips dari kakak oke banget...

    ReplyDelete
  7. betul kita memang harus fokus pada hidup diri sendiri dan tidak perlu usil dan kepo untuk hal2 yg menyangkut privasi orang lain......

    ReplyDelete
  8. Bener banget Mas Ferry. Buat perempuan, cantik itu tak akan berarti kalau dia tidak bersih dan sehat.

    ReplyDelete
  9. Penanaman kebersihan harus lintas keluarga jadi bersih secara keseluruhan

    ReplyDelete
  10. Gak akan ada ruginya saat kita menerapkan pola hidup bersih yaa, bonusnya malah kita akan dapatkan sehat yang mana nilainya sangat mahal

    ReplyDelete
  11. Pola hidup bersih dan sehat ini harus dibiasakan sejak dini ya. Sebenarnya emang dalam keseharian harus menerapkan pola hidup bersih dan sehat, nggak cuma dimasa pandemi kayak sekarang ini aja

    ReplyDelete
  12. Nah iya. Anak-anakku katanya ngga mau ngerokok karena ayahnya nggak ngerokok. Lingkaran keluarga ngaruh banget ya, buat ngebiasain pola hidup bersih n sehat.

    ReplyDelete
  13. Bener banget, Kak. Terlebih pada masa pandemi gini jadi lebih aware sama yang namanya kebersihan biar kita tetap sehat dan tenang.

    ReplyDelete
  14. Salah satu hal positif dari adanya masa pandemi ini adalah kita jadi lebih aware dengan yang namanya PHBS atau Pola Hidup Bersih dan Sehat. Iya gak sih?

    ReplyDelete
  15. dampak positif dari pandemi, sekarang orang lebih memperhatikan kebersihan dan jaga makan juga ya mas, jadi menjaga pola hidup sehat

    ReplyDelete
  16. dengan adanya pandemi kita kita bisa belajar dari kehidupan yang serba bersih terhadap lingkungan, terhadap kesehatan, dan lebih banyak bersyukur tentunya.

    ReplyDelete