Penanganan Pengaduan Masalah

 Penanganan Pengaduan Masalah


Berlokasi di Balaikota Among Tani gedung B lantai dua Dinsos Kota Batu sekaligus lokasi sekretariat Program Keluarga Harapan Senin 7 September 2020 kedatangan dua warga yang hendak konseling. Kunjungan dua warga Kota Batu pagi itu memasuki ruangan Dinsos untuk menanyakan sesuatu perihal bantuan sosial dan konseling. Saat itu pendamping sosial tugas khusus (supervisor) menemui dua warga tersebut dan menanyakan perihal kunjungannya.


Konseling pengaduan masalah

 Ternyata beliau ingin bertanya mengenai bantuan sosial sembako yang mengalami hambatan yaitu tidak cair. Beberapa wawancara mendalam dilakukan untuk mengetahui assestment masalah yang dihadapi perihal bantuan sembako kartu keluarga sejahtera. 

Proses wawancara mendalam pun kemudian ditindaklanjuti dengan melakukan case conference bersama koordinator daerah sembako. Akhirnya kami mendapatkan informasi utuh ternyata setelah beberapa tahun tepatnya tiga tahun semenjak menerima kartu keluarga sejahtera salah satu warga tersebut lama tidak melakukan transaksi pencairan bantuan sembako. 

Intervensi yang dilakukan dengan mengarahkan warga tersebut untuk koordinasi dengan pekerja sosial masyarakat warga tersebut tinggal untuk memastikan informasi perihal identitas tetap masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial. Begitulah terminasi yang dilakukan dengan memberikan informasi utuh konseling  pemanfaatan Bantuan sosial sembako. 

0 Comments