Koordinasi dengan PHRI Kota Batu


Koordinasi dengan PHRI Kota Batu

 

Pertemuan peningkatan kemampuan keluarga atau familly development session (FDS) atau P2K2 merupakan proses belajar peserta PKH berupa pemberian dan pembahasan informasi praktis di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi dan kesejahteraan keluarga yang disampaikan melalui pertemuan kelompok bulanan secara rutin.


Tujuan pertemuan peningkatan kemampuan keluarga pertama meningkatkan pengetahuan praktis, pola asuh dalam keluarga, pengelolaan keuangan keluarga dan pengembangan kewirausahaan, kesejahteraan keluarga, dan semacamnya kedua, meningkatkan kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai anggota masyarakat. Memberikan      kontribusi perubahan ke masyarakat (empowerment).


Koordinasi dengan PHRI Kota Batu



Selanjutnya, ketiga, menjaga dan memperkuat perubahan perilaku positif terkait pendidikan, kesehatan, kesadaran  dalam pertemuan kelompok peserta Program Keluarga Harapan, keempat meningkatkan keterampilan orang tua dalam pola pengasuhan anak, kelima meningkatkan kemampuan peserta untuk mengenali potensi yang ada pada diri dan lingkungannya agar dapat digunakan dalam peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat, keenam memberikan pemahaman kepada peserta untuk menemukan potensi lokal agar dapat dikembangkan secara ekonomi. 


Salah satu kegiatan secara rutin yang perlu diikuti oleh keluarga penerima manfaat ialah pertemuan peningkatan kemampuan keluarga. Modul kedua yang diterima materinya ialah mengelola ekonomi dan perencanaan usaha. Salah satu yang ingin diberdayakan untuk mereka melalui kelompok usaha bersama sesuai kemampuan kelompok salah satunya.


Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama. Konsep ini biasanya akan didukung dengan keberadaan industri kreatif yang menjadi pengejawantahannya. 


Seiring berjalannya waktu, perkembangan ekonomi sampai pada taraf ekonomi kreatif setelah beberapa waktu sebelumnya, dunia dihadapi dengan konsep ekonomi informasi yang mana informasi menjadi hal yang utama dalam pengembangan ekonomi.


https://www.qureta.com/next/post/ekonomi-kreatif-pkh-kota-batu

Post a Comment

Previous Post Next Post