Kreatifitas

Kreatifitas











Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik yang benar-benar merupakan hal baru atau sesuatu ide baru yang diperoleh dengan cara menghubungkan beberapa hal yang sudah ada dan menjadikannya suatu hal baru

Masa pandemi merupakan masa dimana manusia cukup banyak melakukan kegiatan produktif dengan tetap menjaga protokol kesehatan misalnya melakukan jual beli dengan berbasis online salah satunya.

Berbagai temuan memanfaatkan teknologi pun telah dilakukan misalkan rapat, pembelajaran jarak jauh (pjj) menggunakan pilihan platform dalam jaringan (daring) atau online.

Sesungguhnya jika dilihat dari pergerakan manusia di masa pandemi tidak terlepas dari apa namanya motivasi. 

Sedangkan menurut penjelasan teori motivasi yang dikembangkan oleh Abraham H. Maslow pada intinya berkisar pada pendapat bahwa manusia mempunyai lima tingkat atau hierarki kebutuhan, yaitu : 

(1) kebutuhan fisiologikal (physiological needs), seperti : rasa lapar, haus, istirahat dan semacamnya

(2) kebutuhan rasa aman (safety needs), tidak dalam arti fisik semata, akan tetapi juga mental, psikologikal dan intelektual 

(3) kebutuhan akan kasih sayang (love needs)

(4) kebutuhan akan harga diri (esteem needs), yang pada umumnya tercermin dalam berbagai simbol-simbol status

(5) aktualisasi diri (self actualization), dalam arti tersedianya kesempatan bagi seseorang untuk mengembangkan potensi yang terdapat dalam dirinya sehingga berubah menjadi kemampuan nyata


Dampak Corona terhadap Ekonomi

Dampak Corona  memang menimbulkan perubahan kehidupan, misalkan kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun, jaga jarak dan memakai masker masa new normal, adanya kenaikan penggangguran juga dijumpai seperti sektor industri misalkan juga dijumpai, beberapa unit usaha pun juga terdampak.

Beberapa stimulus pemulihan ekonomi nasional pun telah dilakukan pemerintah pusat, pemberian bantuan sosial baik tunai maupun non tunai di aspek sosial telah disalurkan, pemberian bantuan usaha untuk pelaku unit usaha juga merasakan manfaat program yang disalurkan pemerintah bahkan pemberian bantuan subsidi upah juga diterima masyarakat.

Kewirausahaan

Pengertian wirausaha adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha yang dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya (Wikipedia).

Kreatifitas memberikan ruang, gerak untuk memberdayakan seseorang, kelompok dan semacamnya untuk meningkatkan pemenuhan kebutuhan hidup melalui usaha ekonomi.

Ada referensi dari buku "Kewirausahaan sosial merevolusi pola pikirdan menginisiasi mitra pembangunan kontemporer penulis Hery Wibowo dan Soni A. Nulhaqim terbitan Unpad Press dijelaskan menurut Gemak dan Singh (2010:80) kewirausahaan sosial mengkombinasikan ide-ide inovatif untuk perubahan sosial yang dilakukan dengan mengaplikasika  strategi dan ketrampilan bisnis.

Adapun tujuan kewirausahaan 

1. Memandirikan sosial ekonomi
Melalui ketrampilan bisnis seseorang, kelompok bisa diinisiasi menjadi unit usaha untuk memenuhi beragam kebutuhan masyarakat.
2. Meningkatkan ketrampilan berusaha
Melalui kewirausahaan kemampuan merancang mengevaluasi unit bisnis bisa terasah, dengan mengkategorisasikan sesuai kebutuhan
3. Meningkatkan pendapatan ekonomi
Melalui kewirausahaan sangat menungkinkan pendapatan menjadi meningkat seiring meningkatnya penjualan atau diferensiasi usaha yang dijalankan seseorang atau kelompok

Simak juga :




Post a Comment

Previous Post Next Post