Konseling dan Small Talk

 Konseling dan Small Talk


Salah satu cara yang bisa dipraktikkan ketika melakukan konseling dengan keluarga penerima manfaat ialah teknik small talk (berbincang ringan) seperti menanyakan nama, kabar keluarga, lokasi tempat tinggal.

Konseling dilakukan antara seseorang dengan konselor untuk menyampaikan permasalahan, kendala dan solusi yang akan digunakan nantinya sampai terminasi atau penyelesaian masalah.

Konseling merupakan praktik metode case work (penyelesaian permasalahan individu dengan pekerja sosial).


                  Konseling dan Smalk Talk

Pagi hari, Jumat 8 Januari 2020 berlokasi di sekretariat Program Keluarga Harapan Dinas Sosial Kota Batu Balai Kota Among Tani Gedung B lantai 2 ada warga 'Az' bertamu dan ditemui kemudian terjadi dialog panjang lebar.

Warga 'Az' tersebut menyampaikan mengenai keperluan pengurusan keterangan dokumentasi dari Dinas Sosial bahwa warga tersebut memang terdata dalam data terpadu kesejahteraan sosial atau dtks untuk keperluan kelengkapan data anaknya yang merasakan manfaat kartu indonesia pintar untuk kuliah di salah satu perguruan tinggi di kota Malang.

Kemauan Kuliah dan Semangat Belajar

Ada cerita inspirasi dari konseling dan dialog kelanjutan smalk talk dengan warga 'Az' tersebut yaitu kemauan dan semangat belajar untuk kuliah.

Proses perjuangan panjang keluarga mendukung dengan usaha dan doa membuahkan hasil positif berupa kemauan anaknya menempuh pendidikan lebih tinggu dibandingkan orang tua, menyenangkan dan membahagiakan tentunya.

Berbagai informasi program yang diberikan dan disiapkan pemerintah diakses anaknya secara mandiri untuk meraih harapan dan cita-citanya yaitu kuliah di salah satu perguruan tinggi di Kota Malang. 

Lingkungan di sekitar kelihatannya juga mendukung terutama keluarga untuk belajar lebih tinggi sampai perguruan tinggi ternyata juga diikuti oleh adiknya meskipun masih menempuh pendidikan jenjang lanjutan di salah satu sekolah negeri di Kota Batu.

Sumber :

6 Comments

  1. Menarik konsep konseling dan small talking, jadi sesi sharing untuk berbagi informasi serta inspirasi. Dan ternyata beberapa warganya memiliki semangat belajar yang besar

    ReplyDelete
  2. Beberapa waktu lalu saya baru baca mas. Apa iya ibu rumah tangga juga masuk Program Keluarga Harapan yg akan mendapatkan tunjangan 200 ribu? Bagus sekali program ya ini, khususnya buat keluarga yg hampir miskin, miskin, dan sangat miskin. Sukses terus mas misinya.

    ReplyDelete
  3. Alhamdullilah ya, pemerintah menyediakan dana pendidikan melalui dinas social, apa saja syarat nya pak
    Mungkin punya contoh kasus?
    Tentu saja anonim

    ReplyDelete
  4. Seneng lihat anak-anak muda yang semangat untuk terus belajar. Semoga berkah.

    ReplyDelete
  5. Penting sekali melakukan konseling dan small talk ini ya.
    semoga berkah dan memberikan hasil terbaik

    ReplyDelete
  6. Penting banget konseling ini ya kak. Dalam pemecahan suatu masalah antar individu atau pun dalam suatu masyarakat memang butuh dialog untuk lebih memahami permasalahan yg ada.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post