Ticker

Melawan dengan Bayang - Bayang

Melawan Bayang - Bayang



Melawan dengan Bayang - Bayang Membangun Gerakan Inklusi Sosial yang Bertindak Setara dan Bermartabat. 
Sebuah tulisan Sutiah, Vidia Avrilia, Rachmat Taufik Intelegensia Media Malang 242 halaman ISBN 978-602-6874-31-3. 

Buku ini pertama kali oleh Lembaga Pengkajian Kemasyarakatan dan Pembangunan didukung oleh Program Peduli The Asia Foundation. 

Apabila kita flashback ke belakang, bangsa ini seolah tak henti-hentinya dirundung berbagai persoalan dengan segala dimensinya yang kompleks. 

Dari zaman kolonial hingga reformasi, nyaris tak memberi apa - apa dalam konteks perbaikan nasib bangsa. 

Dari ujung Sumatera hingga ujung Papua masih terdengar isak tangis anak negeri yang hidup di bawah bayang-bayang kemiskinan dan kebodohan. 

Terdapat begitu banyak anak-anak negeri yang putus sekolah hingga tak mampu mengakses pendidikan formal. 

Ketimpangan akses pendidikan dan kesenjangan ekonomi mengakibatkan sebagian besar warga kehilangan harapan dan hidup di bawah kondisi yang mencekam. 

Buku ramping ini berusaha menyikap berbagai persoalan seputar ekslusi sosial, pengucila , diskriminasi, human trafficking, eksploitasi seksual anak, serta sederet kompleksitas problematika sosial lainnya.

Sajian datanya yang sangat kaya didukung dengan berbagai ilustrasi dan analisa kasus yang tajam membuat buku kecil ini begitu mengesankan sehingga wajib dibaca oleh semua kalangan baik akademisi, birokrat, aktifis ngo maupun praktisi sosial. 

Last but least yang membuat buku ini begitu ekstraordinary ialah dikarenakan buku ini ditulis oleh mereka yang benar-benar expert dalam bidang keilorganisasian, pemberdayaan dan penyadaran sosial. 

Akhir kata semoga buku ini mampu memberi pencerahan dan solusi seputar penyelesaian problematika sosial di tengah-tengah gersangnya ketersediaan informasi dan bahan rujukan yang membahas isu-isu terkait.

Simak juga :

Post a comment

19 Comments

  1. wah bukubyg sangat menarik ya mas...membahas semua permasalahan sosial yg ada

    ReplyDelete
  2. Walaupun bukunya ramping, tetapi sarat isinya, ya. Semoga aja semakin membuka kesadaran para pembaca untuk peduli dengan persoalan pendidikan dan ekonomi di negeri ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satu sisi sosial yang terus menarik diurai dan dipelajari

      Delete
  3. Soal penyimpangan sosial dan keadaan menyeramkan seperti penjualan manusia, pelecehan pada anak dan perempuan dewasa dll sungguh memilukan. Ternyata sejak zaman dahulu kala juga sudah banyak kejadian ya mas. Apalagi zaman now. Buku ini patut dibaca agar kita ngeh 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, penyandang masalah kesejahteraan sosial atau pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial terjadi di masyarakat untuk diperhatikan

      Delete
  4. Wah, sungguh merupakan sebuah buku yang sarat informasi dan menarik banget, ya, Mas? Selalu ga bisa berpaling akutu kalo udah menyangkut urusan human trafficking. Huft, semoga ke depan nanti bisa semakin diminimalisir yaaa.

    ReplyDelete
  5. Mas Ferry tulisannya dicopas plek sama dengan yang Kompasiana?
    Nggak takut jadi broken link dan spam score blog ini jadi gede?
    Blog saya dulu seperti itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih informasinya, menautkan link dengan tulisan sendiri masih aman. Terima kasih

      Delete
  6. bukunya bagus ya.
    inspiring dan menarik.
    semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  7. Semoga dengan buku ini yang tersaji dengan data dapat memberikan pencerahan yang bermanfaat

    ReplyDelete
  8. Buku ramping ini semoga membuka mata kita ya, melalui tulisan bernas dari praktisi berpengalaman. Masih banyak anak bangsa yg mengalami ketidakadilan sosial dan pendidikan.

    ReplyDelete
  9. MashaAllah. Buku yang sarat ilmu tentunya. Saya paling tertarik dengan dinamika kehidupan sosial. Topik yang pernah saya angkat dalam diskusi ilmiah yang pernah saya presentasikan di kampus tempat saya mengajar.

    Saya mau baca lengkap buku ini. InshaAllah.

    ReplyDelete
  10. permasalahan sosial di Indonesia memang pelik karena masyarakat kita yang majemuk dengan berbagai latar belakang, menarik nih bukunya membahas tentang hal ini

    ReplyDelete
  11. Wah bagus bgt ulasannya mas.
    Semoga buku ini bisa memberikan solusi seputar penyelesaian problematika sosial di tengah keterbatasan informasi yg ada.

    ReplyDelete