Menumbuhkan Semangat Belajar Anak (Part 1)

Menumbuhkan Semangat Belajar Anak (Part 1)



Belajar?
Senang, sedih, biasa?
Berapa lama waktunya?
Itulah beberapa pertanyaan muncul di benak orang tua atau sekitar ketika menghadapi anak - anak di rumah.


   Menumbuhkan semangat belajar anak


Pengasuhan dan pendidikan anak di rumah sering dihadapkan pada segala fenomena anak dan berbagai tantangannya, diantaranya dengan belajar. Kenapa? Karena anak senantiasa dituntut untuk menuntut ilmu atau belajar.

Materi yang diajarkan kepada anak pasti disesuaikan dengan masa pertumbuhannya.

Perhatikan ketika anak memasuki pendidikan anak usia dini belajarnya dimulai dengan lebih banyak aktifitas mengenal sesuatu sambil bermain. Ada berbagai sentral belajar mulai sentral alam, balok dan semacamnya.

Anak dan orang tua bahkan guru mestinya memperhatikan tumbuh kembang anak pada usia tersebut.

Bahkan pada anak usia diatasnya juga pendekatannya belajar akan berbeda seiring masa pertumbuhan.

Cara menumbuhkan semangat belajar anak dan tipsnya :
1. Kenali usia anak 
Perhatikan setiap usia anak memiliki keunikan masing-masing.
2. Kenali pendekatan yang digunakan
Setiap anak memiliki cara berbeda ada yang dekat dengan bapak atau ibu bahkan keduanya.
3. Kenali kesukaan anak
Pintu masuk mengajak anak memulai dengan mengenal apa yang termasuk hal disukai anak
4. Puji anak secara proporsional
Anak senang apabila dipuji sebelum, selama belajar tujuannya untuk memicu semangat
5. Beri hadiah sesuai kemampuan
Terkadang orang tua membekali anak hadiah misalkan jika rajin sholat lima waktu maka hari libur diajak jalan sehat bersama atau bersepeda 

Setiap anak ada beragam cara belajar, ada yang menyukai kondisi tenang, dibersamai musik, bahkan dengan gerak. Menarik!

Lingkungan juga turut menentukan semangat belajar anak, lingkungan baik dan senang pada ilmu akan memudahkan anak mengikuti apa yang ada di sekitar. Hal seperti ini menjadi katalisator anak.

Simak bagian selanjutnya akan dikupas lebih dalam dan dideskripsikan lebih lengkap. Jangan ketinggalan ceritanya.



Next Post Previous Post
14 Comments
  • Mega
    Mega 29 January 2021 at 00:38

    Point 2 selalu jadi concern saya Mas.
    Mengingat tipe anak berbeda2 maka pendekatannya pun juga disesuaikan.
    Pokoknya ngedidik anak tuh pelajaran seumur hidup, kadang mereka berbalik jadi guru kehidupanšŸ„°šŸ„°

  • Keke Naima
    Keke Naima 29 January 2021 at 08:42

    Gaya belajar anak juga beda-beda. Saya punya 2 anak, satunya auditori dan yang satunya visual. Harus ikutin gaya belajar mereka supaya lebih mudah menangkap

  • Ratna K
    Ratna K 29 January 2021 at 09:46

    Tips parenting kaya begini memang penting yaa, dicatet dulu sambil nunggu buah hati hehe

  • Maria G Soemitro
    Maria G Soemitro 29 January 2021 at 10:52

    Setuju banget, nomor satu keluarga baru kemudian lingkungan yang bisa mengedukasi anak

  • Susi Susindra
    Susi Susindra 29 January 2021 at 15:34

    Edukasi anak adalah tema yang bikin saya sekarang rasanya malu menceritakannya. Huhu.
    Anak saya meski disejajari dan diajak belajar berdua juga masih melenting saja, hawanya.
    Lha kok curcol.
    Tapi memang perlu sabaaar sekali ya, karena ia pun harus adaptasi belajar di rumah. Kami juga harus adaptasi juga.

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 29 January 2021 at 15:52

    ah iya ya mas. .
    PR Banget ya bikin anak anak semangat bekajar ya mas
    emang slaah satu poin pentingnya adalah mengenali gaya bekajar anak,

  • Siti Nurjanah
    Siti Nurjanah 29 January 2021 at 16:08

    Menumbuhkan semangat belajar anak. Menarik nih tips nya

  • Nanik nara
    Nanik nara 29 January 2021 at 17:22

    Menjaga semangat belajar anak ini susah susah gampang, kadang si anak udah semangat, eh orang tuanya lagi sibuk dengan aktivitas nya sehingga tak bisa mendampingi.

  • ria buchari
    ria buchari 29 January 2021 at 18:01

    noted nih mas tipsnya, memang ya gaya belajar anak beda-beda yang penting bisa membuat mereka nyaman dan konsentrasi :)

  • Annie Nugraha
    Annie Nugraha 29 January 2021 at 18:08

    Intinya membangun komunikasi yang baik dan bernilai dengan anak ya Mas. Mau sebaik apapun program yang ingin dijalankan, komunikasi tetaplah yang no. 1

  • puteriamirillis
    puteriamirillis 29 January 2021 at 19:14

    Selama pandemi agak berat bagi anak yang lebih menyukai interaksi langsung ketika belajar.

  • dhenok hastuti
    dhenok hastuti 29 January 2021 at 20:04

    kapan hari ngobrol sm kawan yg pernah jd guru paud. kesimpulan kami: jangan jadi guru paud kalo tdk ada passion mengajar anak kecil. dampaknya jangka panjang soalnya.

  • Rika Widiastuti Altair
    Rika Widiastuti Altair 29 January 2021 at 23:28

    Thanks banget nih mas tipsnya. Menjadikan anak suka belajar memang butuh kesabaran dan metode yg tepat. Dan saya sepakat kondisi lingkungan sekitar anak berperan penting dalam hal ini.

  • Alaika Abdullah
    Alaika Abdullah 3 February 2021 at 09:41

    Yup, asyiknya parenting sekarang ini, orang tua mulai menitikberatkan pola edukasi dan metoda pendekatan yang lebih friendly dan tepat sasaran, sesuai dg karakter dan usia si anak, ya, Mas? Jadi anak-anak pun lebih mudah menangkap pembelajarannya.

Add Comment
comment url