Smart Islamic Parenting

Smart Islamic Parenting 


Smart Islamic Parenting ditulis oleh DR. Jasim Al Muthawwa' pakar parenting dari timur tengah.
Terbitan Pustaka Cahaya Peradaban Sidoarjo di Juli 2020 disusun dan diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh Ahmad Fadhil Hosni, Lc, M.H berisi 369 halaman dan 6 bab.

Bab 1 berisikan pendidikan iman dan ibadah dimulai dengan 7 tahapan pendidikan iman, ide sederhana mendidik iman anak, agar anak qurrota'ayun, ketika anak ingin melihat Allah sampai 10 ide agar anak gemar bersedekah.


Buku Smart Islamic Parenting
Buku Smart Islamic Parenting



Bab 2 mendeskripsikan pendidikan akhlak dimulai dengan dialog dengan para bunda di eropa, cara mengatasi anak berbohong, mendidik dengan sikap lebih penting dari seribu nasihat, agar anak tidak malas, anak keras kepala (bandel) dan mengatasinya hingga pelajaran di hari raya, cara menangani kesalahan anak.

Baca juga


Bab 3 menyampaikan bahasan pendidikan emosional dimulai inilah hadiah terbaik untuk anak, bisikkan di telinga kirinya "aku mencintaimu", cara mengajarkan anak mengungkapkan  perasaannya, bahkan panduan mengasuh anak korban perceraian, saran menangani anak-anak setelah perceraian.

Bab 4 mengenaik pendidikan intelektual dan finansial, setelah tahap awal kokoh diajarkan anak cara meningkatkan kecerdasan anak, seni bertanya kepada anak sampai bahasan Ramadhan dan ied pendidikan finansial bagi anak.

Baca juga 


Bab 5 berisikan pendidikan seksual dan madalah remaja, setiap manusia ada masalah atau akan menjumpai masalah. Beberapa pokok deakripsinya langkah praktis pendidikan seksual, cara anak melindungi dari pelecehan seksual, makna baru 'kebebasan' bagi anak, ketika hukuman tak ngefek dan solusinya.

Bab 6 sebagai penutupnya beberapa bahasan diantaranya darimana mereka mendapatkan pendidikan keliru ini?, beberapa kesalahan mendidik anak, beberapa kata menghancurkan jiwa anak, sampai bahasan bila anakmu meminta nasihat.

Orang tua, calon orang tua maupun pembaca dapat menyiapkan konsep pengasuhan yang baik dan benar karena anak merupakan aset penerus bangsa, pertumbuhan dan pendidikan dimulai dari keluarga.

Akhir buku disampaikan bibliografi penulis DR. Jasim Al Muthawwa' kelahiran Kuwait dan doktor bidang konsep pendidikan kepemimpinan anak.



16 Comments

  1. Buku yang sangat bagus, mulai dari 7 tahapan pendidikan iman, ide sederhana mendidik iman anak, agar anak qurrota'ayun, ketika anak ingin melihat Allah sampai 10 ide agar anak gemar bersedekah.
    Hingga pendidikan seksual
    Semoga semua ortu membacanya

    ReplyDelete
  2. Penting nih, ada buku parenting tapi dari sudut Islami. Jarang-jarang kan ada buku seperti ini. Jadi kita engga salah langkah yah, mengasuh anak dari bayi sampai dewasa. Jelas juga bab-bab di buku, jadi terbagi menurut tema permasalahan tiap rentang usia.

    ReplyDelete
  3. Suka juga saya membaca buku tentang pola asuh di beberapa negara. Kalau yang pas dan bagus, saya coba untuk praktekkan

    ReplyDelete
  4. Bang ditambahi dikit ya bang tentang ulasannya, kalau berkenan jangan hanya bab 1 menceritakan ini, bab 2 menceritakan itu, saya yang pengin membaca tapi juga menggantung, lalu poin plusnya dalam penjabarannya dimana bang, hehehe. saran saja ya bang. Sama visualisasinya bang ditambahi, mungkin kutipan dari penulis bisa dijadikan visualisasi juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kasih sedikit cuplikan/ulasan isinya dong. Biar dapat gambaran isinya lebih dalam, jadi bisa memutuskan untuk membeli atau nggak

      Delete
  5. Pendidikan yg terbukti menghasilkan sosok2 hebat memang pendidikan Islam, cuman kita kurang menggalinya nih... jd pengen nulis buku juga...huhu...

    ReplyDelete
  6. Ilmu yang dikembangkan dengan latar belakang agama inshaAllah akan membawa banyak kebaikan dan manfaat bagi siapapun yang membaca dan menerapkannya. Karena pondasi agama akan mematangkan SQ sebelum akhirnya melangkah ke EQ dan IQ.

    ReplyDelete
  7. Perlu bgt untuk dibaca semua ortu ya
    Karena islamic parenting memang signifikan dalam hidup

    ReplyDelete
  8. i see... kalau dibuat jadi semacam resensi jadi lebih baik ya mas.

    ReplyDelete
  9. Kelihatannya ini buku yang sangat bagus, ya mas

    ada 7 tahapan pendidikan iman, ide sederhana mendidik iman anak, agar anak qurrota'ayun, ketika anak ingin melihat Allah sampai 10 ide agar anak gemar bersedekah.

    sayang ulasannya kurang panjang hihihi

    ReplyDelete
  10. wah lengkap ya mas panduan parentingnya, buku yg wajib dimiliki oleh setiap keluarga muslim ni

    ReplyDelete
  11. Penting banget ya buku ini sebagai alat bantu mendidik anak. Apalagi kalau anaknya sudah beranjak dewasa, pedoman agama diperlukan.

    ReplyDelete
  12. Penting banget ya buku ini sebagai alat bantu mendidik anak. Apalagi kalau anaknya sudah beranjak dewasa, pedoman agama diperlukan. Bermanfaat infonya!

    ReplyDelete
  13. Buku yang wajib baca nih buat para orangtua. Mengajarkan tentang iman, mengenal Allah hingga pendidikan seksual kepada anak harus ada ilmunya.

    ReplyDelete
  14. Bukunya cukup menarik ya kak, jadi dalam satu buku pembahasannya lengkap tiap bab yang runut. Wajib beli nih

    ReplyDelete
  15. Wah, bagus nih bukunya. Jadi kepengen baca buku utuhnya deh Sebagai orang tua, aku sering kali merasa kurang ilmu untuk mendidik anak. Kudu nyari nih buku ini.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post