Tips Anak Menyukai Sayur

Tips Anak Menyukai Sayur


Puslitbang Kementerian Kesehatan RI menyampaikan, rata-rata konsumsi serat masyarakat Indonesia hanya 10,5 gram per hari.

Riset kesehatan dasar (Riskesdas) 2018 menyampaikan, sejumlah orang di Indonesia masih kekurangan serat. Adapun 9 dari 10 anak kekurangan asupan serat, membuat nutrisinya tidak seimbang.

Berikut tips menjadikan anak senang makan sayur diantaranya:

1. Tambah Mentega

2. Pilih Sayuran Segar

3. Cari Sayuran yang Disukai Anak

4. Kreasi Penyajian

5. Jadikan Menu Pembuka

6. Ajak Anak Berpartisipasi

7. Konsisten

Laman EatThis menyampaikan diantaranya: 

1. Menyediakan buah dan sayuran di rumah sebagai camilan sebagian besar orang memahami bahwa makan buah dan sayur itu penting, menjadikan anak suka makan serat, sampaikan buah dan sayuran sebagai cemilan. Upayakan agar buah sudah dicuci bersih, dipotong dan terlihat jelas di lemari es.    Makanan juga lebih sering contohnya salad, jangan lupa mengedukasi anak untuk menjadikan salad dressing, tepat supaya ia terbiasa makan makanan tersebut.         

2. Menjadikan resep makanan yang lebih banyak memakai bahan vegetarian dibanding daging.  Misalnya, resep vegetarian untuk beberapa bahan makanan seperti spageti, lasagna, makanan lain yang memakai sayuran dibanding daging. Umumnya cara ini efektif karena menggunakan bumbu sama tapi bahan daging diganti sayur        

3. Masak seyogyanya satu sayur setiap hari di rumah. Masak seyogyanya satu sayuran hijau atau kuning terkandung vitamin A seperti bayam, brokoli, labu, sayuran hijau, atau wortel setiap hari di rumah. Sehingga dengan memasak sayuran menjadikann anak tidak memiliki pilihan mendapatkan makanan lain.        

4. Sampaikan contoh ke anak Ini hal penting, jika ingin memerintahkan anak untuk mebyukai makan sayur, orang tua pun harus memberi panutan dengan suka makan sayur sehingga orang tua menjadikan guru dan contoh prima bagi anak-anaknya.




Post a Comment

Previous Post Next Post