Yuk Mengenal Hemoglobin

Yuk Mengenal Hemoglobin

Yuk Mengenal Hemoglobin


Hemoglobin merupakan metaloprotein( protein yang memiliki zat besi) di dalam sel darah merah yang berperan bagaikan pengangkut oksigen dari paru- paru ke segala badan,[1] pada mamalia serta hewan yang lain. Hemoglobin pula pengusung karbon dioksida kembali mengarah paru- paru buat dihembuskan keluar badan. Molekul hemoglobin terdiri dari globin, apoprotein, serta 4 gugus heme, sesuatu molekul organik dengan satu atom besi.

Hemoglobin ialah protein kaya zat besi dalam sel darah merah. Oksigen yang merambah paru- paru melekat pada hemoglobin dalam darah, yang membawanya ke jaringan di dalam badan.

Guna hemoglobin dalam darah bawa oksigen ke segala badan, tepatnya buat organ serta jaringan badan. Isi oksigen yang terpaut dengan hemoglobin pada sel darah yang membuat darah jadi bercorak merah.

Tiap protein hemoglobin bisa bawa 4 molekul oksigen, yang dikirim ke segala badan oleh sel darah merah. Tiap miliaran sel badan memerlukan oksigen buat membetulkan serta memelihara dirinya sendiri.

Hemoglobin terdiri dari 4 molekul protein( rantai globulin) yang tersambung bersama. Molekul berusia wajar hemoglobin( disingkat Hgb ataupun Hb) memiliki 2 rantai alfa- globulin serta 2 rantai beta- globulin.

Pada bakal anak serta balita, rantai beta tidak universal serta molekul hemoglobin terdiri dari 2 rantai alfa serta 2 rantai gamma. Dikala balita berkembang, rantai gamma secara bertahap digantikan oleh rantai beta, membentuk struktur hemoglobin berusia.

Tiap rantai globulin memiliki senyawa porfirin yang memiliki zat besi berarti yang diucap heme. Tertanam dalam senyawa heme merupakan atom besi yang sangat berarti dalam mengangkat oksigen serta karbon dioksida dalam darah. Zat besi yang terkadnung dalam hemoglobin pula bertanggung jawab atas corak merah darah.

Guna hemoglobin dalam darah pula berfungsi berarti buat mempertahankan wujud sel darah merah. Dalam wujud natural, sel darah merah bundar dengan pusat- pusat kecil menyamai donat tanpa lubang di tengah. Oleh sebab itu, struktur hemoglobin yang abnormal bisa mengusik wujud sel darah merah serta membatasi gunanya serta mengalir lewat pembuluh darah.

Biar kandungan hemoglobin dalam darah terpelihara, yakinkan kebutuhan nutrisi tetap tercukupi dengan komsumsi santapan kaya hendak zat besi semacam biji- bijian utuh semacam beras merah, sayur- mayur berdaun hijau, kacang- kacangan, daging, apricot, plum serta kismis. Organisasi Kesehatan Dunia( World Health Organization) merekomendasikan suplementasi zat besi oral tiap hari dengan zat besi elemental 30mg sampai 60mg buat perempuan berusia guna menghindari anemia.

Guna hemoglobin dalam darah yang utama merupakan mengangkat oksigen dari paru- paru ke jaringan, dan bawa isi karbondioksida dari paru- paru. Secara tidak langsung hemoglobin ialah pengukuran tidak langsung jumlah sel darah merah dalam badan.

Apabila jumlahnya besar ataupun rendah, bisa jadi ciri dari terdapatnya permasalahan kesehatan tertentu pada orang tersebut. Sebab mempunyai guna sangat berarti untuk kelangsungan kesehatan badan, hingga berarti buat memahami guna hemoglobin dalam darah supaya tercukupi serta tidak terkena penyakit.

Kandungan hemoglobin yang rendah umumnya berhubungan dengan anemia. Sebaliknya kandungan hemoglobin yang besar membuat seorang tidak diperkenankan mendonorkan darahnya. Perihal ini disebabkan terdapat sebagian permasalahan kesehatan yang dapat menimbulkan kandungan hemoglobin besar. Wajarnya, kandungan hemoglobin merupakan 13, 5 hingga 17, 5 gram/ dL untuk laki- laki, serta 12 hingga 15, 5 gram/ dL untuk perempuan.

Bila kandungan hemoglobin Kamu di luar standar tersebut, lekas konsultasikan ke dokter Kamu. Sebab kesehatan darah sangat berarti, sehingga kekurangan ataupun kelebihan zat besi bisa menimbulkan keadaan kesehatan darah yang kurang baik.

Anemia defisiensi zat besi( IDA) ialah salah satu tipe anemia yang sangat universal, sesuatu keadaan kala darah kekurangan sel darah merah sehat yang lumayan yang menolong mengangkat oksigen ke jaringan badan. Cocok namanya, IDA diakibatkan oleh zat besi yang tidak memadai.

Kekurangan zat besi bisa menimbulkan kesehatan darah yang kurang baik. 

Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Hemoglobin            https://m.liputan6.com/hot/read/4203289/fungsi-hemoglobin-dalam-darah-perlu-tercukupi-untuk-cegah-penyakit
Next Post Previous Post
13 Comments
  • Nurul Sufitri
    Nurul Sufitri 30 January 2021 at 23:26

    Jadi darah yang ada di tubuh kita memang harus sesuai ya alias ideal. Ga bisa kelebihan atau kekurangan. Wah, pantas kalau perempuan yang sedang datang bulan disarankan untuk tidak melakukan donor darah :D

  • Moch. Ferry Dwi Cahyono
    Moch. Ferry Dwi Cahyono 30 January 2021 at 23:36

    Memperhatikan keseimbangan kesehatan penting selalu

  • Nurul bukanbocahbiasa
    Nurul bukanbocahbiasa 31 January 2021 at 02:15

    Bermanfaat banget artikelnyaaa
    Apalagi, anak saya pelajarab IPA udah belajar tentang ini juga

    Makasiii ya

  • Diary Harumpuspita
    Diary Harumpuspita 31 January 2021 at 07:49

    Nah, ini nih. Saya punya sepupu yang sekarang ini kekurangan hemoglobinnya. Duh, pucat banget nih saya lihatnya. Dia dulu punya kakak, tetapi meninggal karena leukimia. Mungkin nggak ya kalau kelainan hemoglobin ini. Maaf, mungkin yang serupa dengan kakaknya itu menurun ke adiknya?

  • Maria G Soemitro
    Maria G Soemitro 31 January 2021 at 08:51

    Anemia ternyata berdampak besar ya
    Bisa membuat generasi muda telmi ngga bisa mikir kalo kekurangan sel darah merah yang disebabkan kekurangan zat besi

  • hani
    hani 31 January 2021 at 14:20

    Kata dokter spesialis anak, anak² Indonesia banyak yg anemia. PR banget nih untuk memerhatikan asupan gizi anak². Kalau anemia kan gawat, pengaruh ke banyak hal, smp ke kecerdasan juga...

  • Mia Yunita
    Mia Yunita 31 January 2021 at 16:08

    Waktu seminar anemia, para peserta dapet layanan gratis untuk mengukur kadar Hb (mungkin maksudnya hemoglobin ini ya?). Jadi, cara tesnya cukup diambil darah di ujung jari kemudian darahnya dimasukkan ke dalam strip gitu dan stripnya dimasukkin ke sebuah alat pengukur digital. Nah, ternyata Hb saya rendah. Berapa ya? Lupa hehe..inget rendahnya doang. Jadi disarankan untuk makan makanan yang mengandung zat besi yang cukup bagi tubuh. So, ternyata gak hanya sebatas tensi darah ternyata ya untuk mengetahui kondisi darah pada tubuh.

  • Nanik nara
    Nanik nara 31 January 2021 at 16:19

    Saya pernah ditolak donor darah, karena darah terlalu kental. Ternyata itu artinya kadar hemoglobinnya terlalu tinggi.

  • Annie Nugraha
    Annie Nugraha 31 January 2021 at 18:39

    Baca ini jadi inget jaman masih sekolah dan belajar Biologi. Mata pelajaran yang saya suka karena sering menemukan hal-hal baru yang menarik

  • Putri Haneen
    Putri Haneen 31 January 2021 at 23:01

    BEnar sekali mas, menjaga kadar Hb dalam darah penting sekali. Terutama untuk anak-anak, karena sangat berdampak untuk kesehatan di masa depannya.

  • Nia K. Haryanto
    Nia K. Haryanto 3 February 2021 at 23:08

    Wah, jadi belajar lagi nh aku. Udah lupa-lupa inget deh sama hemoglobin ini. Penting ya perannya di kehidupan kita. Kudu dijaga deh.

  • Ida Raihan
    Ida Raihan 4 February 2021 at 04:12

    Pantesan pas mau lahiran anak pertama itu heglobin saya cuma 7 sama dokter ditu da beberapa jam untuk perbaiki dulu

  • rhehanluvly
    rhehanluvly 4 February 2021 at 04:38

    Kehamilan anak kedua sempat kekurangan hemoglobin, rasanya emang lemes akhirnya perbanyak konsumsi buah Naga Dan Bayam

Add Comment
comment url