Impian dan Menulis


“Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia berlarilah tanpa lelah sampai engkau meraihnya.” 

Begitulah cuplikan kalimat dalam film Laskar Pelangi. Film yang diangkat dari novel tulisan Andrea Hirata.

Pernahkah Anda mengamati orang-orang yang sukses dan meraih prestasi tinggi? 

Mengapa mereka bisa mengerjakan dan mencapai lebih banyak hal, padahal waktunya sama 24 jam seperti kita? 

Jawabannya adalah karena memiliki tujuan atau impian yang jelas dan komitmen untuk mewujudkannya. 



Lalu bagaimana agar mimpi itu tidak jadi angan belaka? jangan sampai impian sebatas harapan saja.

Impian dan Menulis

Mungkin pernah bermimpi seperti ini :

  1. Ingin menjadi penulis. 
  2. Ingin jadi penulis best seller.  
  3. Ingin bisa jalan-jalan ke berbagai kota gratis melalui tulisan.

Namun, setelah ditanya balik. Mau jadi penulis ? Iya. Sudah belajar menulis sejauh mana ? 

Kalau begitu berarti mimpi dan bangun mimpi tersebut. Loh kenapa belum jelas ? Ya, karena mimpi itu hanya imajinasi angan belaka tanpa ada tekad. 

Teknik sederhana membangun impian, tentukan impian Anda secara jelas disertai kapan target waktu mencapainya. 

Kedua, tulis impian itu bisa tambah ilustrasi impian lalu tempel di dinding yang sering kamu lihat dan dilihat orang banyak. Mungkin ada juga yang meremehkan atau hina impian tersebut, tapi gak masalah hehe. Hal begitu akan menjadikan diri semakin semangat menunjukkan ke mereka bisa capai mimpi itu.

Selain itu tujuannya yaitu agar mimpi itu selalu teringat dan masuk alam bawah sadar dengan demikian dorongan untuk segera mewujudkannya semakin meningkat. 

Dulu di awal kuliah ingin menulis buku impian untuk bisa jalan-jalan gratis melalui menulis. Alhamdulillah bisa terwujud beberapa kali ikut acara podcast, nara sumber di beberapa kota dan gratis semua dari berangkat transportasi, penginapan. Alhamdulillah 

20 Comments

  1. mimpi akan terus jadi mimpi tanpa diiringi semangat untuk mewujudkannya. karena mimpi nggak bisa sim salabim menjadi nyata bila kita tak mencari jalan untuk mewujudkannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mimpi diiringi semangat semoga memberi hasil ketika praktik

      Delete
  2. Saya juga demen bnget aneka nasihat dan motivasi yg ada di karya2 Andrea Hirata, Laskar Pelangi, dll.
    Keren dan menyemangati banget

    ReplyDelete
  3. saat ini masih jd penulis sebuah blog saja, belum beralih menjadi penulis buku hehe, maunya sih tuk gapai mimpi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap waktu ingin berkarya melalui tulisan sehingga meninggalkan portofolio kebaikan

      Delete
  4. Semoga makin sukses jadi penulisnya ya bang. Memang kita harus berani bermimpi dan berusaha mewujudkannya.

    ReplyDelete
  5. Gak kebayang hidup tanpa impian dan tujuan ya?
    Pasti sekedar hidup, bangun pagi tanpa semangat, sungguh menyedihkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mimpi gratis tapi diiringi semangat dan tindakan baru pas

      Delete
  6. Share juga dong bikin kontent di podcast. Siap menyimak. Mantul pengalamannya

    ReplyDelete
  7. Ah ternyata saya masih suka bermimpi, bangun - bangun - bangun . biar bisa ngeblog, banyak job buat jalan-jalan keluar kota juga hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mimpi itu gratis bangun mimpi dan praktik meningkatkan kompetensi semoga menjadi kenyataan

      Delete
  8. Suka banget dengan quote di awal tulisan "Mimpi adalah kunci untuk menaklukkan dunia. Berlarilah tanpa lelah sampai engkau meraihnya" Boosting semangat yang luar biasa

    ReplyDelete
  9. alhamdulillah sih sekarang impianku satu persatu terwujud, apapun itu selama dilakukan dengan passion pasti hasilnya luar biasa ya mas

    ReplyDelete
  10. Saat SMA eh awal kuliah dulu saya pernah berpartisipasi di sebuah antologi puisi. Iya..cuma itu saja. Sekarang blas lebih banyak ngeblog. Walau yaa tetap punya impian untuk melahirkan satu buku karangan sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konon setelah mimpi diimbangi semangat mewujudkan akan memudahkan jalan menuju kenyataan

      Delete