Mengukur Web Cermati Enam Metrik

Mengukur Web Cermati Enam Metrik


Enam metrik mudah ini akan membantu kita memantau dan menafsirkan bagaimana pelanggan menggunakan situs web bisnis Anda setiap hari.

Apakah baru-baru ini meluncurkan desain situs web yang baru dan sedang bekerja keras untuk mempromosikan produk dan layanan. Tetapi apakah situs web tersebut berhasil?

Untuk memahami keefektifan situs web baru, Anda harus terjun ke lautan analitik situs web yang menarik! Analisis web didefinisikan sebagai pengukuran dan analisis data sehingga kita dapat memperoleh wawasan dan memahami perilaku pelanggan dengan berbagai cara. Semakin banyak tahu, semakin baik.

Menggunakan wawasan ini untuk menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan berarti lebih banyak penjualan. Inilah mengapa analitik penting dan ikhtisar dari enam metrik yang harus diperhatikan jika kita ingin mengukur keberhasilan situs.

Pentingnya Analisis Web

Inilah rahasia yang tidak terlalu rahasia: kesuksesan penjualan online sangat mudah ditebak. Dan alasannya adalah karena segala sesuatu — semua gerakan, tindakan, dan perilaku — bisa dikumpulkan sebagai data. Data inilah yang membuat analisis web sangat penting untuk bisnis kecil.

Setelah situs web didesain ulang, situs baru menjadi kosong. Segala sesuatu yang diukur akan secara langsung berkaitan dengan seberapa baik kinerja situs web Anda untuk perusahaan Anda. Dengan analitik — pengusaha memiliki cara untuk menganalisis data situs web ini!

Dengan menggunakan alat analisis web, sisir data untuk mendapatkan wawasan dan peluang. Bergantung pada apa yang kita temukan — baik atau buruk — gunakan hasil ini untuk mendorong penjualan online dan meningkatkan dampak kampanye pemasaran. Data menjadi kunci peningkatan yang berkelanjutan.

Mengukur Analisis Web Membantu:

  • Pahami perilaku pelanggan secara real-time.
  • Tingkatkan konversi online.
  • Sesuaikan konten untuk audiens Anda saat ini.
  • Teliti audiens ideal Anda.
  • Tetapkan tujuan numerik untuk pencapaian.
  • Lihat apa yang disukai, diinginkan, dan dihargai pelanggan Anda.

Dengan analitik, data mengungkapkan bagian mana dari situs web yang berfungsi dan bagian mana yang perlu dikerjakan. Tombol ajakan bertindak yang berkinerja buruk, misalnya, dapat ditingkatkan ukurannya untuk meningkatkan konversi. Dengan melakukan perubahan sederhana, Anda mungkin menemukan lebih banyak orang akan mengklik tombol itu.

Pemilik situs tidak akan pernah tahu bahwa tombol tersebut tidak mendapatkan klik tanpa melihat datanya lebih dekat. Meninjau data dan menjalankan pengujian seperti ini akan membantu Anda menentukan cara menjual secara lebih efisien kepada pelanggan.

Enam Metrik Sukses yang Layak Diukur

Enam metrik penting harus diukur saat memulai dengan analisis web. Inilah mereka dan informasi apa yang dapat mereka bantu untuk Anda pahami.

1. Jumlah Pengunjung

Metrik ini menjelaskan berapa banyak pengunjung yang diterima situs pada waktu tertentu. Pengunjung ini bisa jadi baru atau kembali, dan yang Anda cari adalah peningkatan atau lonjakan dalam data tren.

Pemasaran harus meningkatkan lalu lintas dari waktu ke waktu, sehingga jumlah pengunjung harus meningkat.

Pengunjung baru berarti orang baru mengunjungi situs untuk pertama kalinya. Mereka menggunakan perangkat tertentu, yang terdaftar sebagai kunjungan baru-baru ini (kecuali mereka masuk ke Google Chrome). Pengunjung baru kedaluwarsa setelah dua tahun, jadi siapa pun yang kembali dalam jangka waktu itu akan menjadi pengunjung yang kembali.

Pengunjung yang kembali adalah orang yang pernah mengunjungi situs sebelumnya dan kembali lagi. Metrik ini mengonfirmasi bahwa situs tersebut membawa orang kembali ke sana.

Pelajari lebih lanjut tentang pengunjung baru vs. pengunjung kembali di sini.

2. Tayangan Halaman

Metrik berikutnya adalah metrik cantik yang dikenal sebagai tayangan halaman. Metrik ini memberi Anda wawasan tentang berapa banyak orang yang mengunjungi laman situs web total atau individual Anda. Total tampilan halaman menunjukkan berapa banyak halaman di situs Anda yang telah dikunjungi dalam jangka waktu tertentu (hari, minggu, bulan, dan tahun).

Mengetahui ke mana lalu lintas situs web mengalir memberikan konteks ke mana pelanggan ingin pergi ke situs. Setelah beberapa bulan, buat grafik data ini untuk menemukan konten dan peluang penjualan untuk bisnis kecil Anda.

4. Halaman Paling Banyak Dikunjungi

Metrik ini juga dikenal sebagai konten teratas karena mengacu pada halaman mana di situs yang paling menarik lalu lintas. Biasanya, halaman dengan konten paling menarik berada di bagian atas daftar.

Gunakan data ini untuk meningkatkan laman web atau blog yang berkinerja buruk atau memastikan laman penting mendapatkan bagian terbesar dari lalu lintas web. Cari tahu apa yang dicari pelanggan dan produk atau layanan apa yang mereka inginkan sehingga Anda dapat mendasarkan promosi di masa mendatang pada data nyata.

Terserah pada konten halaman untuk mengubah pengunjung menjadi pembeli — yang tidak akan terjadi jika tidak ada cukup lalu lintas yang berjalan melalui halaman itu sendiri.

5. Jenis Perangkat

Salah satu metrik yang paling menarik adalah jenis perangkat, yang menunjukkan perangkat apa yang digunakan pelanggan untuk menjelajahi situs web. Metrik seperti ini dapat digunakan untuk meluncurkan kampanye pemasaran yang berhasil untuk perangkat tertentu (jika Anda menemukan, misalnya, 90% pelanggan berbelanja di perangkat seluler).

Saat ini tidak jarang melihat hubungan antara penjualan dan pengguna seluler. Jenis perangkat lainnya termasuk desktop, tablet, dan sebutan "lainnya", termasuk jam tangan pintar dan mobil pintar. Pastikan situs web Anda sepenuhnya responsif di semua perangkat ini.

6. Data Demografis

Data demografis adalah metrik fondasi terakhir yang harus Anda ketahui dan sangat berguna untuk strategi pemasaran dan peluncuran yang ditargetkan. Ini mengacu pada asal pelanggan, yang dapat membantu jika mereka terkonsentrasi di sekitar kota, negara bagian, atau negara tertentu.

Juga dikenal sebagai metrik "lokasi pengunjung", metrik ini berguna untuk melihat pasar baru dan memperluas pasar lama. Gunakan metrik ini untuk menyegmentasikan kampanye, berinvestasi dengan bijak, dan melacak perluasan ke area baru. Ini juga bagus untuk SEO lokal dan melacak halaman yang berfokus pada lokasi di situs web.

Menggunakan Wawasan untuk Peningkatan

Untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang bagaimana data ini memengaruhi situs, melacak dan mengukur metrik ini paling baik dilakukan selama beberapa bulan atau dalam jendela "pengujian". Biasanya, wawasan keseluruhan diambil selama tiga bulan atau lebih sehingga perbandingan historis dapat bertindak sebagai dasar untuk kemajuan. Pengujian aktif harus dilakukan dalam jangka waktu atau jendela tertentu.

Bisnis kecil dapat secara signifikan mengubah metrik ini dari waktu ke waktu menggunakan berbagai teknik pemasaran yang digabungkan dengan pembuatan konten dan promosi yang berkualitas. Mulailah dengan menguji satu halaman, dan lihat apakah kemajuan positif dapat dicapai dengan menggunakan strategi pemasaran tertentu (seperti iklan yang ditautkan ke halaman arahan).

Pastikan bahwa metrik halaman awal Anda dicatat (tolok ukur), dan sasaran ditetapkan sebelum memulai. Setiap tes pasti memiliki batasan waktu untuk dapat menganalisis hasilnya dengan baik. Misalnya, jalankan iklan yang ditautkan ke halaman arahan selama beberapa hari. Ubah judul iklan. Jalankan kembali promosi untuk melihat apakah ada peningkatan atau penurunan pada metrik halaman Anda. Sesuaikan elemen untuk konversi setinggi mungkin.

Data memberi tahu Anda paling banyak jika dibandingkan dengan data historis atau data dari pesaing di ceruk yang sama. Cari peluang untuk meningkatkan lalu lintas, meningkatkan penjualan, dan menonjol dari persaingan!

0 Comments