One Day One Asmaul Husna


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

H-20, One Day One Asmaul Husna

Gerakan menghafal
Asmaul Husna


Nama Allah : القابض = Al Qaabidh ➡️ Yang Maha Menyempitkan

🌱 Al-Qaabidh diambil dari akar kata yang makna awalnya adalah “sesuatu yang diambil” atau “keterhimpitan pada sesuatu”. Makna dasar ini kemudian berkembang sehingga melahirkan makna baru, seperti: menahan, menggenggam, menghalangi, dan menyempitkan.

🌱 Al-Qaabidh mengandung dua pengertian, yaitu menyempitkan rizqi dan memendekkan umur. Di tangan-Nya segala urusan rizki, dan di dalam genggaman-Nya pula soal nyawa makhluk-Nya.

🌱 Al Qaabidh Dzat Yang Maha Menyempitkan. Dia akan menyempitkan rezeki orang yang tidak pernah bersyukur,  Dia menyempitkan rizqi bagi siapa-siapa yang Dia kehendaki. 

Kedudukan dalam al-Quran :

🌱 Allah-lah yang Menahan dan Melapangkan rizqi HambaNya.

مَّن ذَا ٱلَّذِى يُقْرِضُ ٱللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَٰعِفَهُۥ لَهُۥٓ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَٱللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْصُۜطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُون

Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan (QS. Al Baqarah (2):245)

🌱 Allah Yang Melapangkan dan Menyempitkan Rizqi

ٱللَّهُ يَبْسُطُ ٱلرِّزْقَ لِمَن يَشَآءُ وَيَقْدِرُ ۚ وَفَرِحُوا۟ بِٱلْحَيَوٰةِ ٱلدُّنْيَا وَمَا ٱلْحَيَوٰةُ ٱلدُّنْيَا فِى ٱلْءَاخِرَةِ إِلَّا مَتَٰع*ٌ

Allah meluaskan rezeki dan menyempitkannya bagi siapa yang Dia kehendaki. Mereka bergembira dengan kehidupan di dunia, padahal kehidupan dunia itu (dibanding dengan) kehidupan akhirat, hanyalah kesenangan (yang sedikit). (QS. Ar Ra’d (13):26)

Pengaruh positif terhadap diri :

🌱 Ridha terhadap ketentuan Allah dalam hal sempitnya rizqi, sempitnya hati, sempitnya fikiran,  karena Allah-lah yang maha Menyempitkan dan melapangkan segala hal bagi hambaNYa. 

🌱 Dua hal antara sempit dan lapang itu selalu beriringan sehingga tidak perlu was-was berlebihan. Yakin bahwa setelah kesulitan, datang kemudahan.

 إِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا

“Beserta kesulitan itu ada kemudahan" (QS Al-insyirah (94):5)

*فَإِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا*

"Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan" (Qs Al Insyiroh (94): 6).

Aplikasi dalam kehidupan :

🌱 Penerimaan kita terhadap segala putusan Allah dengan ikhlas. 

🌱 Orang-orang yang arif akan memandang bahwa segala sesuatu yang telah diputuskan Allah pasti terbaik.

🌱 “Ridha”, menerima segala ketetapan Allah dengan lapang dada, baik yang menyenangkan maupun yang menyedihkan. 

🌱 Keridhaan itu merupakan manifestasi dari keyakinan kita kepada taqdir Ilahi. Dengan keridhaan itu, insya-Allah kita akan merasakan sekaligus menikmati lezatnya iman.

🌱 Ketika Dia menahan rizki milik-Nya atas seseorang, hendaklah ia tidak protes, sebab rizqi itu milik-Nya dan hak-Nya, kuasa Allah semata untuk membagikan kepada siapa yang dikehendaki-Nya.

____________________

Pimpinan Pusat Aisyiyah Majelis Tabligh

Disarikan dari:

1. Kementerian Agama RI. Muharram 1433. Al-Qur’an Fadhilah, Syamil Qur’an, Terjemah&Transliterasi Latin. Jakarta: Sigma, 3

2. Antonio, MA. Januari  2009. Asmaul Husna for Sucsess in Business Life, Sukses, Kaya dan Bahagia dengan Asma’ul Husna. Jl. Prof.Dr. Soepomo No 231 Tebet, Jakarta Selatan 12870: TAZKIA Publishing.

3. Khalid, A. Februari 2008. Dengan NamaMu Aku Hidup, Indahnya Hidup dengan Nama-nama Allah. Jl. Taruna (Jl Ayahanda) No 52 Pondok Bambu Jakarta 13420: Maghfirah Pustaka

4. Agustian, AR.  February 2016. Munajat dan Nasehat Asmaul Husna, Untuk Hidup  Penuh Makna. Jakarta: Gramedia

💫🌟💫🌟💫🌟💫🌟💫

Post a Comment

Previous Post Next Post