Pengasuhan Anak Oleh Orang Tua di Masa Digital Perlu Cermat Perhatian

Pengasuhan Anak Oleh Orang Tua di Masa Digital Perlu Cermat Perhatian


Pengasuhan Anak Oleh Orang Tua di Masa Digital Perlu Cermat Perhatian


Masa sekarang berbeda dengan zaman orang tua sebelumnya atau generasi sekarang berbeda dengan masa kini. Mengapa?karena, kondisi, kompleksitas masyarakat dan semacamnya mengalami perubahan signifikan atau drastic.


Konon anak dahulu, aktifitas lebih banyak dihabiskan dengan gerak atau bentuk permainan yang menggunakan dan mengeluarkan energy tidak sedikit tentunya misal petak umpet, kelereng, bersepeda, jalan kaki, lari namun sekarang anak tidak perlu gerak untuk mendapatkan kebutuhan terpenuhi namun cukup menyalakan gawai berisi permainan tentunya.


Apa itu Anak

Disebut anak semenjak dalam kandungan dan mencapai usia delapan belas tahun. Demikian menurut Undang – Undang Perlindungan Anak. Anak merupakan harapan keluarga dan estafet suatu generasi di masa mendatang.


Beberapa kiat Perhatian Orang Tua kepada Anak

Ada beberapa kiat memperhatikan tumbuh kembang anak di masa depan maupun sekarang yaitu pertama, orang tua harus memahami ada fitur kontrol orangtua, parenting control, di semua platform online yang ada kedua, harus ada keseimbangan antara ibu dan bapak dan ketiga. Keseimbangan pengawasan terhadap anak.


Masa Pandemi dan Hubungan Orang Tua dengan Anak

Hubungan orang tua dengan anak di masa pandemi mengalami pergeseran nilai positif diantaranya perhatian lebih maksimal terhadap anak, pemilihan lingkungan dan pergaulan menjadi perhatian utama.


Kelekatan Anak terhadap Orang Tua

Hubungan anak dengan orang tua ada beberapa pengertian dan penjelasan. Pertama kelekatan tidak aman dan kelekatan aman. Pembedanya, adanya kedekatan hubungan psikologis dengan orang tua terhadap anak.


Menjadi perhatian orang tua di masa digital, karena anak perlu ektra pengawasan dari orang tua maupun keluarga terdekat, untuk menghindari dampak tidak bagus baik jangka pendek maupun panjang. Salam tangguh.



20 Comments

  1. Sangat setuju. Orang tua harus banyak belajar agar bisa menyeimbangkan fungsinya sebagai parenting control. Dan membangun kelekatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelekatan anak dengan orang tua dibutuhkan karena anak dengan orang tua seperti saling membutuhkan

      Delete
  2. Secara bahasa mulai dari kandungan sampai 18 tahun ya... Padahal anak itu sampai kapanpun, mati atau hidup, tetap anak ga ada bekasnya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Istilah anak menurut Undang - Undang Perlindungan Anak

      Delete
  3. Masa pandemi ini tantangan banget deh menjadi ortu yang seimbang.
    Jangankan ortu yang kerja kantoran, yang IRT macam saya pun kudu lebih menyesuaikan dan membagi waktu untuk kerjaan dengan anak.
    Terlebih anak-anak nggak pernah keluar rumah.
    Sementara ortu, butuh kerja lebih giat untuk mencari rezeki.
    Di sisi lain, anak-anak juga harus selalu berhubungan dengan internet.
    Butuh banget kontrol deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sesibuk apapun anak adalah harapan masa depan

      Delete
  4. Yap, ortu harus lebih perhatian lagi pd anak
    apalagi di masa pandemi
    segala hal serba digital.

    ReplyDelete
  5. Benar banget. Masa digital ini ada dampak buruk dan baik maka sbg ortu hrs mengawasi anak dalam semua kegiatan nya

    ReplyDelete
  6. sekarang ini gak ada cerita emak-emak alergi sama teknologi digital ya mas, bahkan sesederhana punya medsos untuk ikut serta mengawasi anak kita.

    ReplyDelete
  7. Saya masih agak kurang paham dengan kelekatan tidak aman hubungan orang tua dan anak. Apa itu artinya tidak ada bonding di antara mereka?

    ReplyDelete
  8. selalu ada hikmah dari suatu peristiwa

    di masa pandemi kita bisa lebih intensif mengurus anak

    ReplyDelete
  9. Ciptakan kebersamaan antara orangtua dan anak di rumah, memang perlu dilakukan, agar harmonisasi keluarga tercipta

    ReplyDelete
  10. Kelekatan tidak aman dan kelekatan aman itu contohnya seperti apa mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelekatan aman atau secure attachment, anak merasa nyaman dengan orang tua, perhatian, kasih sayang, betah di rumah. Kelekatan tidak aman insecure attachmet misalkan ada orang tua inginnya keluar rumah, lingkungan keluarga tidak penuh kasih sayang.

      Delete
  11. Selama pnademi ini, hal yang disyukuri adalah.. dapat bertemu dan berkumpul dengan anak selama 24 jam penuh.

    ReplyDelete
  12. Setuju ortu zaman now harus mengikuti apa yang sedang tresnd spaya bisa mengimbangi apa yang dilakukan buah hati. Jangan sampai karena ortunya gaptek terus buah hatinya terkena imbas negatif dari perkembangan teknologi

    ReplyDelete
  13. iya tantangan berat banget jadi orang tua jaman digital gini, ngajak anak gerak harus musuhan sama hp. Kalau ortunya juga mager, jadi diam-diaman aja sama anak

    ReplyDelete
  14. Setuju banget, karena kita gak bisa membendung mas keterlibatan anak dgn dunia digital krn skrg pun anak-anak belajar PJJ dan sudah fasih menggunakan Google, tinggal kita memberikan arahan dan batasan ke mereka apa yang boleh dan tidak tentunya sertai dgn penjelasan sesuai usianya

    ReplyDelete
  15. punya anak generasi Z, membuat kita sbg oramg tua juga harus melek teknologi ya mas, biar pengasuhannya sejaalan

    ReplyDelete
Previous Post Next Post