Ticker

6/recent/ticker-posts

Kewirausahaan Hasilkan Ekonomi Meningkat, Sukses Antarkan Graduasi Mandiri

Kewirausahaan Hasilkan Ekonomi Meningkat, Sukses Antarkan Graduasi Mandiri


www.mochferrydwicahyono313.com
Kewirausahaan 


www.mochferrydwicahyono313.com

KotaBatu (30 April 2021)

Siti Muthmainah salah satu keluarga penerima manfaat tinggal di desa Bumiaji Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Semenjak tujuh tahun lalu beliau menekuni usaha mandiri jualan bunga hias. Jualan bunga hias bentuk praktik kewirausahaan. Kewirausahaan ini lambat laun hasilkan ekonomi meningkat. Melalui usaha jualan bunga hias salah satu keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan di Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, menyatakan mengundurkan diri dari kepesertaan karena telah mandiri secara ekonomi dan tidak lagi bergantung kepada bansos PKH dalam pemenuhan kebutuhan sehari-harinya.


Kunjungan Rumah atau Home Visit

Pendamping Sosial melakukan kunjungan rumah terlebih dahulu bersama perangkat desa, kepala dusun, dan ketua kelompok PKH ketika ada keluarga penerima manfaat menyampaikan pengunduran diri atau graduasi mandiri Program Keluarga Harapan.


Tujuan kunjungan rumah di antaranya mengetahui kondisi keluarga KPM misalnya bagaimana kondisi ekonominya, usaha apa yang dilakukan dan bagaimana perkembangannya, bagaimana keadaan fisik rumahnya, apakah memiliki kendaraan pribadi, berapa banyak tanggungan dalam keluarga, dst.


Hasil kunjungan rumah disampaikan ke perangkat desa, sehingga mereka mengetahui perkembangan terbaru warganya yang sebelumnya menerima PKH menjadi tidak lagi menerima bansos karena kondisi ekonomi yang telah baik, terangnya.


Peranan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga

Salah satu peran edukasi yang diberikan pendamping sosial Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial setiap bulan ialah dengan melakukan kegiatan pertemuan peningkatan kemampuan keluarga atau family development session (fds). Tujuan memberikan pengetahuan melalui sesi dan modul (pendidikan dan pengasuhan anakdi rumah, perlindungan anak, kesehatan dan gizi, ekonomi dan perencanaan usahamaupun kesejahteraan sosial) yang diberikan secara berkelanjutan. Inilah yang membekali keluarga penerima manfaat bahwa perubahan pola pikir dan perilaku bisa direncanakan disana sehingga tidak hanya sekedar bantuan sosial non tunaisaja namun di dalamnya ada pembinaan, pemberdayaan, konseling, pengaduan masalah dan semacamnya.


Graduasi Mandiri Program Keluarga Harapan

Menurut Ferry kunci dari sukses graduasi ini juga tidak lepas dari upaya sinergi antara Pendamping Sosial PKH dengan perangkat desa. Dukungan ini sangat penting karena yang akan graduasi adalah warga mereka.


"Alhamdulillah kondisi ekonomi telah mampu. Usaha yang ditekuni adalah berjualan bunga, kata Siti Mutmainah.


Siti Muthmainah menceritakan usahanya dirintis berbekal kemauan dan keinginan berubah lebih baik. bersama suami, ibu dua anak tersebut mulai berjualan bunga pada 2014 dengan skala terbatas.


Selama sebulan penjualan bunga dilakukan empat kali. Awalnya hanya di Kota Malang danKabupaten Malang. Lambat laun mulai meluas ke Surabaya, Gresik dan Lamongan.


Beragam bunga dijual seperti Walisongo, Tree Colour, Bunga Gantung, Janda Bolong, Monstera, Keladi, Aglonema dan bunga hias lainnya.


Sebenarnya masih ada kendala saat itu misalnya modal terbatas atau bahkan omzet penjualannaik turun, kata Siti Mutmainah yang resmi graduasi mandiri beberapa waktuyang lalu.


Beliau menyampaikan bahwa omzet penjualan bunga terus bertambah dan pelanggan juga semakin banyak. Kemudian Bu Siti mengajukan diri untuk mundur dari kepesertaan PKH, kata Pendamping PKH Kota Batu Moch. Ferry.


Selama tujuh tahun ia menekuni usaha jual bunga yang ia beri nama Dahlia Florist meski saat ini masih menyewa lapak tidak jauh dari rumahnya dan masih menyewa, namun harapan ke depan ia ingin memiliki lahan sendiri, usaha tambah berkah danlancar, pekerja yang membantunya bertambah sehingga bisa membuka lapangan kerja baru.


https://www.mochferrydwicahyono313.com/2021/04/kewirausahaan-hasilkan-ekonomi.html

https://www.mochferrydwicahyono313.com/2021/04/kewirausahaan-hasilkan-ekonomi.html


Post a comment

14 Comments

  1. Salut saya mereka yang mau melepaskan diri dari PKH. Kadang kan ada tuh yang udah mampu tapi merasa enggan melepaskan diri

    Semangat bu Siti Muthmainnah.. Semoga sukses ya bu usahanya...

    ReplyDelete
  2. keren saya juga mau buka usaha sendiri tapi masih belum ada waktu bosen kerja di pabrik kontrak lagi

    ReplyDelete
  3. wah ada tanaman janda bolong .....

    seneng ya dengar kisah sukses, apalagi kisah sukses UMKM

    ReplyDelete
  4. Hebat sekali orang2 yang sudah mandiri. Bisa melanjutkan usahanya secara berkelanjutan. Meningkatkan pendapatan memenuhi kebutuhan plus untuk terus berbisnis..mulai kecil2an hingga nanti makin besar.

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah Bu Siti sudah graduasi dari kepenyertaan KPH. Semoga usaha Dahlia Floristnya makin maju dan jaya membawa rejeki dan keberkahan bagi keluarganya . Aamiin

    ReplyDelete
  6. Peluang usaha terbuka lebar, dan alhamdulillah ada ibu Siti yang mau menekuni usaha bunga hias. Semoga kedepan akan lebih banyak lagi ibu siti lainnya yang mau berwirausaha seperti ini. Aamiin.

    ReplyDelete
  7. Bangga, bahagia, bersyukur kalo baca kabar2 seperti ini
    Thanks for sharing happiness ya Kak

    ReplyDelete
  8. Graduasi Mandiri Program Keluarga Harapan memang perlu sinergi semua pihak agar mudah dan lancar

    ReplyDelete
  9. yg begini musti trus disebarluaskan, agar masyarakat kita makin berdaya. bukan hanya usaha yg berhasil tp juga sukses tdk bergantung pada dana kucuran.

    sukses terus, bu siti..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi keluarga penerima manfaat yang naik desilnya /kesejahteraan sosial ekonomi mengundurkan diri agar PKH tepat sasaran tepat manfaat

      Delete
  10. Ini pembahasan untuk UKM yah? Memang bakal berdampak sih perekonomian negara

    ReplyDelete