Cara Efektif Cegah Penularan Covid-19

Cara Efektif Cegah Penularan Covid-19

Cara efektif cegah penularan covid - 19 bisa dimulai semenjak dini oleh siapa pun terutama keluarga sebagai bagian terkecil masyarakat. Virus corona masih menyerang jutaan orang di berbagai negara dan banyak memakan korban jiwa.

Agar tidak terinfeksi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan virus corona.

Beberapa hal mudah dilakukan di mana saja sebagai cara mencegah penularan virus corona. Ingat penyakit ini dapat menyerang siapa saja, bahkan orang yang sehat sekalipun.


Gunakan masker

Menggunakan masker dapat menghambat penyebaran virus saat kita berinteraksi dengan orang di luar rumah. Hal ini sebagai cara menghindari virus Corona dan menghambat penyebaran virus.

Menggunakan masker kain atau masker medis untuk menutupi area hidung dan mulut. Virus Corona mudah masuk ke dalam tubuh lewat mulut atau hidung.


Rajin mencuci tangan

Rajin mencuci tangan dengan rajin merupakan cara paling umum mencegah virus corona. Hal ini disebabkan karena virus COVID-19 mudah menyebar melalui permukaan benda yang tangan kita sentuh.

Rajin mencuuci tangan di air mengalir dan sabun kemudian gosok tangan Anda setidaknya selama 20 detik. Bubuhkan busa ke pergelangan tangan Anda, di antara jari-jari, dan di bawah kuku.

Gunakan pembersih tangan (hand sanitizer) jika Anda tidak bisa mencuci tangan dengan benar, terutama setelah menyentuh apapun, termasuk ponsel atau laptop.


Jangan menyentuh wajah

Jangan menyentuh wajah penting diperhatikan secara tidak langsung setiap aktifitas. Saat berada di luar rumah, hindari menyentuh wajah termasuk mulut, hidung, dan mata karena bisa saja tangan kita kotor dan memudahkan virus untuk masuk ke dalam tubuh. Hal ini dilakukan sebagai cara menghindari virus Corona.


Jaga kontak fisik dan tidak bersalaman

Jaga kontak fisik dan sementara tidak bersalaman. Cara mencegah virus Corona selanjutnya adalah menghindari salaman dan memeluk orang lain. Kontak fisik dengan orang lain juga dikatakan sebagai salah satu proses penyebaran virus COVID-19.


Gunakan barang pribadi

Gunakan barang pribadi juga perlu cermat diperhatikan. Virus COVID-19 bisa datang dari mana saja, contohnya penggunaan alat makan. Jangan meminjamkan barang pribadi ke orang lain dan bawalah peralatan makan sendiri saat makan di luar rumah sebagai cara menghindari virus Corona.


Jaga jarak

Jaga jarak menjadi salah satu kiat protokol kesehatan. Cara mencegah penularan virus Corona adalah tetap di rumah saja. Namun, jika ada kepentingan yang membuat Anda harus ke luar rumah, jaga jarak sejauh 2 meter dari orang lain. Berdekatan dengan orang lain juga berpotensi menularkan virus Corona.


Hindari kerumunan

Berada dalam suatu kerumunan orang membuat Anda banyak berinteraksi dengan mereka. Hal ini bisa memperbesar penyebaran COVID-19. Cara menghindari virus Corona yang bisa dilakukan adalah dengan menghindari kerumunan.


Gunakan disinfektan pada permukaan benda yang sering disentuh

Beberapa benda yang sering disentuh sebaiknya sering disemprotkan disinfektan sebagai cara menghindari virus Corona. Beberapa permukaan benda yang dimaksud adalah gagang pintu, meja, kursi, dan layar handphone.


Vaksinasi Covid-19

Saat ini, vaksinasi Covid-19 dianggap dapat meringankan gejala jika sewaktu-waktu terinfeksi Covid-19. Vaksinasi juga berperan penting bagi mereka yang rentan terinfeksi Covid-19, seperti lansia dan orang yang dengan komorbid atau penyakit yang mendasari.

Orang yang memiliki penyakit bawaan (komorbid) bisa mendapatkan vaksin Covid-19 selama mereka tidak mengalami reaksi alergi yang parah atau langsung terhadap dosis pertama vaksin Covid-19 atau bahan apa pun dalam vaksin Covid-19.


https://www.mochferrydwicahyono313.com/2021/05/cara-efektif-cegah-penularan-covid-19.html
Cara Efektif Cegah Penularan Covid-19


Next Post Previous Post
49 Comments
  • dermawanagain
    dermawanagain 18 Mei 2021 04.37

    kuy jaga kesehatan

  • Berbagi Pengetahuan Resep Makanan Dan Minuman (cobain gratis). Kulinerrassaberbagi..
    Berbagi Pengetahuan Resep Makanan Dan Minuman (cobain gratis). Kulinerrassaberbagi.. 18 Mei 2021 09.01

    Sangat membantu kak, mkasih tipsnya

  • nurul rahma
    nurul rahma 20 Mei 2021 23.53

    Prokes harus selalu dilakoni ya
    jangan abai thd pandemi ini
    semoga kita semua selalu sehaattt

  • Wahid Priyono
    Wahid Priyono 21 Mei 2021 01.35

    Wah makasih mas ferry sudah dikasih penjelasan cegah penularan Covid-19. Tentu butuh kerjasama semua pihak ya agar pandemi ini segera berakhir.

  • Maria G Soemitro
    Maria G Soemitro 21 Mei 2021 04.56

    serba salah waktu Lebaran kemarin karena bertemu dengan kerabat

    udah jaga jarak dan nggak cipika cipiki sih, tapi kan mau gak mau bersalaman

    jadi begitu berpisah cepet2 deh pake hand sanitizer ^^

  • Nurul Sufitri
    Nurul Sufitri 21 Mei 2021 06.07

    Wah, penting banget protokol kesehatan 5M agar tetap dilakukan semua masyarakat tanpa terkecuali. Anehnya makin ke sini makin banyak kerumunan ya. Yang mudik, pulang mudik duuuh serem deh 🙄

  • Dwi Ananta
    Dwi Ananta 21 Mei 2021 14.33

    Dari semuanya aku paling sering lupa dengan jangan menyentuh wajah. Ada aja kelakuan nakal tangan ini membasuh hidung atau melap keringat di dahi, belum lagi mengucek mata. Semoga kita diberikan kesehatan dan terhindar dari dari virus, amin.

  • Melina Sekarsari
    Melina Sekarsari 21 Mei 2021 16.11

    Saya sudah harus rutin kembali WFO, naik transportasi umum pula. Soal isi tas, beugh ... banyaaak yang dibawa. Makanya tasnya berat. Tapi ya memang gitu. Anggap aja kita tengah di medan pertempuan dan isi tas itu adalah perbekalan dan senjata yang harus siap sedia. Sayangnya, pemberian vaksin di Indonesia masih terbatas banget, ya.

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 21 Mei 2021 16.44

    wah iya, pandeminya belum berakhir
    jadi harus tetap menajaga kesehatan dan menaati protokol kesehatan ya mas

  • Heizyi
    Heizyi 21 Mei 2021 17.30

    Coronce, kapan sih kamu pergi. Mau kembali ke sekolah nih. Jangan ada lagi varian baru dong.

    Btw, makasih tipsnya kak. Perlu banget nih di coba 🙏

  • Annie Nugraha
    Annie Nugraha 21 Mei 2021 18.16

    Kalau boleh nambahin ada 2 hal yang menurut saya juga penting. Pertama, kurangi mobilitas terutama yang berhubungan dengan keramaian. Jika pun harus pergi, prokes harus ketat dan benar-benar dijalankan. Kedua adalah selalu membersihkan diri saat kembali dari luar. Mandi adalah yang terbaik. Karena kita tidak tahu apa ada virus yang menempel di tubuh atau pakaian kita.

    • Annie Nugraha
      Annie Nugraha 25 Mei 2021 18.47

      Semoga dengan tetap mematuhi prokes di atas kita benar-benar bisa terhindar dari penularan virus yang masih terus membayangi kita hingga saat ini

  • deddyhuang.com
    deddyhuang.com 21 Mei 2021 18.33

    semoga kita selalu diberikan kesehatan dalam masa pandemi ini. memang agak was-was tapi kehidupan masih terus berjalan.

  • sumiyati sapriasih
    sumiyati sapriasih 21 Mei 2021 18.41

    untuk saat ini memang sangat diperlukan 5M untuk mencegah virus covid-19, jadi tahan dulu jangan mendekati kerumunan ya ...

  • Sandra Hamidah
    Sandra Hamidah 21 Mei 2021 19.28

    Yup bener banget nih kak, sekarang keluar rumah bawa peralatan lebih banyak apalagi alat ibadah biar tenang dan nyaman

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 22 Mei 2021 02.37

    Sebelum pegang wajah atau pegang benda apapun, memang harus CTPS dulu kuy

  • Irawati Hamid
    Irawati Hamid 22 Mei 2021 02.49

    Saya lagi nunggu jadwal vaksinasi covid nih, semoga secepatnya, amiiin

  • sucijewels
    sucijewels 22 Mei 2021 04.56

    makasih ya ka infonya aku pun lagi nunggu jadwal vaksin

  • Lita Chan Lai
    Lita Chan Lai 22 Mei 2021 05.12

    makasi sudah diingatkan. langsung jadi catatan nih buat cegah penularan covid19. keluarga saya perlu nih, biar mereka waspada. artikel yg bermanfaat....

  • Rita Asmaraningsih
    Rita Asmaraningsih 22 Mei 2021 18.39

    Sejauh ini saya sudah menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas keseharian. Alhamdulillah saya sudah dua kali mendapat vaksinasi. Semoga terhindar dari penularan virus ini.

  • www.faradiladputri.com
    www.faradiladputri.com 22 Mei 2021 20.31

    Klo buat anak kecil, jangan menyentuh wajah agak susah hahaha. Makanya saya selalu cerewet sama anak buat ga lepas masker kalau di luar rumah. Gpp capek ngomong daripada anak sakit kan :')

  • Auda Zaschkya
    Auda Zaschkya 23 Mei 2021 20.06

    Semua poin udah aku lakukan, apalagi jaga jarak, aku di rumah aja, gak mau ke mana2 udah 1 tahun lebih haha paling kalau terpaksa aja.. aku nunggu vaksin.

  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina 25 Mei 2021 01.13

    Lengkap cara efektif cegah penularan covid-19 nya di artikel ini. Kalau aku berusaha taat sih dengan prokes yang ada juga adaptasi dengan kebiasaan baru. Masih nunggu vaksin ini, suamiku yang udah vaksin Maret lalu

  • Zahrah Munirah
    Zahrah Munirah 25 Mei 2021 05.05

    Pandemi masih belum usai. Aku sih lebih memilih stay at home kalau nggak benar-benar ada kepentingan. Karena kalau ke luar rumah itu ribet. Ada protokol kesehatan yang harus diikuti.

  • Ilalang Al Bantani
    Ilalang Al Bantani 25 Mei 2021 06.25

    Semoga Covid segera berlalu. Aamiin

  • Mualimah
    Mualimah 25 Mei 2021 06.28

    Semoga si corona segera musnah dr bumi ini 🤲

  • Mutia Ramadhani
    Mutia Ramadhani 25 Mei 2021 07.01

    Pakai masker nutupin hidung dan mulut bukan cuma mulut doang, apalagi cuma nutupin dagu. Kekeke. Ngomong-ngomong soal vaksinasi, saya masih menunggu panggilan nih. Katanya kantor suami kira-kira akhir Mei 2021. Semoga segera.

  • Perd.Art
    Perd.Art 25 Mei 2021 07.12

    Kita perlu mejalankan 3M program pemerintah juga...

  • Shyntako
    Shyntako 25 Mei 2021 07.51

    iya nih aku aja masih menanti jatah vaksin nih yg belum kunjung kebagian, jadi sebelum divaksin ya harus telaten dan disiplin jaga prokes sih

  • Wahid Priyono
    Wahid Priyono 25 Mei 2021 07.52

    Saya walaupun sudah 2x vaksinasi (beres di vaksinasi COVID-19), namun saat keluar rumah dan di kantor saya tetap memakai masker, walaupun ada juga rekan kerja saya yang melalaikan anjuran prokes dari pemerintah ini. Rasanya sedih melihat masyarakat kita yang masih semaunya dan lalai dengan prokes, padahalkan ini sangat2 penting demi kesehatan bersama.

  • Maria G Soemitro
    Maria G Soemitro 25 Mei 2021 09.11

    saya udah nggak sabar untuk divaksinasi

    agar saya dan keluarga tenang

    tapi takut juga ketika ada berita penerima vaksin Astra Zeneca yang meninggal

  • Mporatne
    Mporatne 25 Mei 2021 10.52

    Cuci tangan kelihatan pekerjaan mudah tapi dampaknya luar biasa banget. Bisa bebas dari ancaman virus covid-19

  • Siti Nurjanah
    Siti Nurjanah 25 Mei 2021 12.06

    Pandemi belum benar-benar usai meskipun saat ini sudah lebih beradaptasi
    Tetap jalani pola hidup sehat dan standard protokol kesehatan harus di patuhi

  • Windi astuti
    Windi astuti 25 Mei 2021 14.22

    Hikmah covid, jadi terbiasa pakai masker..btw, nunggu vaksin kedua

  • Nanik nara
    Nanik nara 25 Mei 2021 16.20

    Menghindari menyentuh wajah nih yang masih susah buat saya. Soalnya sering refleks gitu kalau lagi mikir jadi sering ngusap hidung

  • Dyah (Author roemahaura.com)
    Dyah (Author roemahaura.com) 25 Mei 2021 16.41

    Semoga kita selalu sehat ya mas. Yang utama emang ikhtiar dan doa. Hampir kesemua cara di atas sudah aku lakukan saat ini. kecuali yang terakhir. Hehehe.. soalnya lagi hamil.

  • nurul rahma
    nurul rahma 25 Mei 2021 17.30

    Siap praktekan seluruh tipsnya
    jangan kasi kendooorrrr
    supaya covid segera hengkang ya

  • Heizyi
    Heizyi 25 Mei 2021 18.53

    Semakin banyak kerumunan, jelas aja virusnya makin menyebar. Kan kita gak tahu siapa aja yang bawa.

    Kadang, meski udah patuh sama prokes, tetep aja ada yang ngeyel

  • Triani Retno A
    Triani Retno A 26 Mei 2021 00.14

    Teorinya begituuuuu.... Tapi makin ke sini makin banyak yang abai dengan prokes. Nggak pakai masker, nggak jaga jarak. Patah hati melihatnya.

  • Awul
    Awul 28 Mei 2021 05.50

    Saya sedang menunggu tiba saatnya vaksin nih, supaya hati aman. Tapi mengingat ada isu vaksin untuk pemilik darah kental, jadi ragu juga. Covid oh covid..

  • Nurhilmiyah
    Nurhilmiyah 28 Mei 2021 22.59

    Duh dilema banget deh pas lebaran lalu keluarga besar pada ngumpul dan jadi bikin kerumunan, Mau gak ikut kok ya gak enak... malah pada salam2an pula tp abis itu pas plgnya buru2 anak dan suami saya minta pakai hand sanitizer deh, mudah2an jauh2 deh dari kena C-19 ini ya

  • nurul rahma
    nurul rahma 19 Juni 2021 02.32

    makasi reminder-nya Kak.
    Semoga kita semua sehaaatt, ya
    covid jg semoga segera hengkang

  • Jalil Murtadho
    Jalil Murtadho 19 Juni 2021 04.31

    Ah bosen kopat kopet mulu. Padahal mah negara lain sudah berani berkerumun, sekolah tatap muka, dan bebas tanpa masker.. 😑😑🙁

  • Mugniar
    Mugniar 19 Juni 2021 05.29

    Banyak yang mulai longgar nih ... kerumunan di mana-mana. Ada reuni, ada pesta pernikahan. Yah, semoga semuanya baik2 saja.

  • Positive Mom
    Positive Mom 19 Juni 2021 06.13

    Butuh kerjasama semua pihak buat menegakan prokes. Kan katanya pingin cepat kayak negara lain yang bisa buka masker. Kalau masih ada yang enggak kompak negakin prokes dan malah enggak mau divaksin, susah juga mau ke arah sana deh.

  • Onny Putranto
    Onny Putranto 19 Juni 2021 06.49

    Meskipun berulang ulang disampaikan, terkadang kita abai terhadap protokol kesehatan, terima kasih pak ferry sudah diingatkan.

  • Mutia Ramadhani
    Mutia Ramadhani 19 Juni 2021 07.13

    Sore ini (Sabtu) harusnya saya staycation di Bogor sama anak-anak. Udah berbulan-bulan gak jalan. Eeeh, hotel udah dipesan jauh hari, malah dicancel seketika karena abis lihat video Bima Arya bilang kasus Covid di Bogor tertinggi sepanjang pandemi. Langsung ciuttt nyali, walau pun tujuan kita cuma staycation, bukan main ke mall atau ke tempat keramaian.

    Nasihat soal cara efektif cegah penularan covid itu rata-rata semua sama. Bedanya adalah ada yang mau patuh, dan ada yang tidak mau patuh. Merugilah mereka yang mengabaikannya.

  • Maria G Soemitro
    Maria G Soemitro 19 Juni 2021 07.32

    hari ini dapat kabar, 2 tetangga saya (satu di kiri dan satu lagi di kanan rumah) meninggal karena covid 19
    mereka gak tertolong karena terlambat masuk RS (RS emang penuh sih)
    karena situasi ini, sekarang pada rajin pakai masker

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah 19 Juni 2021 18.01

    Makasih Bang udah diingatkan selalu, apalagi ini di Jawa Tengah makin meningkat nih jadi harus waspada lagi.

Add Comment
comment url