Pentingnya Cara Mencuci Tangan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga Program Keluarga Harapan


Pentingnya Cara Mencuci Tangan


Pentingnya Cara Mencuci Tangan

Pentingnya Cara Mencuci Tangan


Kamis, 20 Mei 2021. Kota Batu

Pentingnya cara mencuci tangan pertemuan peningkatan kemampuan keluarga Program Keluarga Harapan


Pertemuan peningkatan kemampuan keluarga Program Keluarga Harapan sebulan sekali kembali diikuti keluarga penerima manfaat di Kota Batu. Pertemuan rutin sebulan sekali dilaksanakan di dua desa dampingan, pertama di desa Bumiaji dan kedua di Pandanrejo. Ada 4 (empat) kelompok dilaksanakan mulai pukul 09.00, 10.00, 13.00 dan 14.00 wib.

Materi yang disampaikan pentingnya cuci tangan

Ada lima langkah cara mencuci tangan pakai sabun yang baik dan benar pertama basahi tangan seluruhnya dengan air mengalir, kedua gosok sabun ke telapak, punggung tangan dan sela-sela jari, ketiga bersihkan bagian bawah kuku-kuku, keempat bilas dengan air bersih, keringkan tangan dengan handuk/tisu atau keringkan dengan mengibaskan tangan.

Cuci tangan dengan sabun menggunakan air bersih mengalir pada saat :

Pertama sebelum, sesudah makan, kedua sebelum mengolah dan menghidangkan makanan, ketiga sebelim menyusui, keempat sebelum memberi makan bayi/balita, kelima sesudah buang air besar/kecil dan menceboki bayi/anak, keenam sesudah memegang hewan atau unggas.


Mencuci tangan merupakan salah satu bagian protokol kesehatan yang bisa dipraktikkan di rumah atau di mana pun sehingga bisa meminimalisir penyebaran covid 19. Salam sehat.


The Importance of Handwashing Methods Family Capacity Building Meetings Hope Family Program

The family capacity building meeting of the Family Hope Program is once again attended by beneficiary families in Batu City. Regular meetings are held once a month in the two assisted villages, the first in Bumiaji village and the second in Pandanrejo. There are 4 (four) groups held starting at 09.00, 10.00, 13.00 and 14.00 WIB.

The material presented on the importance of washing hands
There are five steps on how to wash your hands using good and correct soap, first thoroughly wet your hands with running water, secondly rub soap onto the palms, backs of hands and between fingers, third clean under the nails, fourth rinse with clean water, dry hands. with a towel / tissue or wipe dry.


Wash your hands with soap using clean running water when:
First before, after eating, second before processing and serving food, third before breastfeeding, fourth before feeding babies / toddlers, fifth after defecating and washing babies / children, sixth after handling animals or poultry.


Washing hands is a part of a health protocol that can be practiced at home or anywhere else so that it can minimize the spread of covid 19. Greetings healthy.


19 Comments

  1. Sangat bermanfaat mas,emng bner ya penting itu mencuci tangan, bagian dari peraturan protokol kesehatan sangat membantu mas untuk memgingatkan mkasih mas

    ReplyDelete
  2. Luar bkalsa atas dedikasinya pak, semangat terus.
    Salam dari Jagoan Banten

    ReplyDelete
  3. Mantap...dari hal hal kecil yang postif bisa kita sosialisasi kan untuk masyarakat

    ReplyDelete
  4. Begini...

    Cuci tangan itu kelihatannya sepele. Akan tetapi dampaknya luar biasa. Kenapa?
    Jika kebiasan ini terwujud, bukan cuma satu keluarga saja, tapi masyarakat luas pun ikut merasakan dampak positif. Yuks, mulai dari sekarang...

    ReplyDelete
  5. yap, sejak pandemi, kita memang kudu membiasakan cuci tangan dgn baik dan benar, ya.
    harus sesuai SOP
    jangan abai!

    ReplyDelete
  6. Dlu sebelum pandemi saya suka meremehkan yg namanya cuci tangan namun sekarang saya berusaha selalu cuci tangan habis dr bepergian walau sedekat apapun

    ReplyDelete
  7. iya sejak pandemi orang-orang rajin mencuci tangan pake sabun. termasuk molly. sebelumnya mah boro-boro cuci tangan kalo inget aja hahaa *jangan ditiru

    ReplyDelete
  8. Mencuci tangan sekarang sudah jadi kebiasaan yang diharuskan, bahkan sampai ke daerah sekalipun. Mungkin ini salah satu hikmah dari pandemi, ya...

    ReplyDelete
  9. Mencuci tangan memang penting ya. namun yang lebih penting juga adalah memotong kuku agar tidak panjang. Sejak SD bahkan sampai sekarang saya memang rajin cuci tangan baik sebelum makan dan sesudahnya.

    Edukasi cuci tangan kepada masyarakat memang penting. Terlihat sepele tapi efeknya besar lho bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

    ReplyDelete
  10. Program Keluarga Harapan ini membahas berbagai hal, termasuk yang di luar kegiatan ekonomi dan bisnis ya mas. Memang benar, kita harus menyosialisasi cara mencuci tangan yang baik dan benar ke seluruh komunitas dan di berbagai kesempatan. Dengan demikian secara gak langsung kita berkontribusi mencegah penularan Covid-19 di negara ini.

    ReplyDelete
  11. buat situasi pandemi seperti ini, cuci tangan yang bersih dan rutin menjadi hal yang harus dilakukan. jaga kesehatan ya.

    ReplyDelete
  12. Cuci tangan ini kelihatannya sepele ya. Tapi sesungguh inilah awal yang penting dalam menjaga kesehatan.

    ReplyDelete
  13. Cara mencuci tangan dengan benar dan tepat dapat membantu kurangi risiko penularan kuman penyakit

    ReplyDelete
  14. sekitar tahun 2018, saya baru tau mencuci tangan secara benar

    karena bergabung dengan Danone Blogger Academy

    ternyata nggak asal terkena air dan sabun ya ? :D

    ReplyDelete
  15. Iya sejak pandemi masyarakat makin sadar pentingnya mencuci tangan dengan sabun. Semoga kebiasaan ini tetap bertahan walau pandemi sudah usai

    ReplyDelete
  16. Mencuci tangan memang ada caranya biar kesehatan terjaga yah, apalagi masa pandemi kaya sekarang gini, penting banget hehe!

    ReplyDelete
  17. Dulu banyak yg mengabaikan pentingnya cuci tangan. Tp pandemi ini menyadarkan masyarakat yg dulu tak mempedulikannya

    ReplyDelete
  18. Cuci tangan itu aktivitas yang sangat mudah tapi sering disepelekan. Saya juga kadang gitu sih.
    "Halah cuma..."
    "Ntar aja deh..."
    Dan kadang meski paai sabun pun asal aja yang penting cepat.
    Makasih ulasannya Mbak...

    ReplyDelete
  19. Cuci tangan emang penting, dan makin terasa sangat penting sejak pandemi covod-19 datang. Dulu terkadang cuci tangan yang penting kena sabun aja, sekarang langkah-langkahnya diterapkan betul biar virus dan bakterinya pada mati

    ReplyDelete
Previous Post Next Post