5 Hal yang Diharapkan dalam Acara Peluncuran Windows 11

5 Hal yang Diharapkan dalam Acara Peluncuran Windows 11 





Microsoft akan menggelar acara Windows “next generation”, yang diduga akan meluncurkan Windows 11 besok, 24 Juni 2020, tepatnya pukul 11.00 ET atau 22.00 WIB. Berkat bocoran sistem operasi itu yang beredar online, ada beberapa hal yang bisa diharapkan dari acara Microsoft tersebut.


Microsoft telah menampilkan versi baru Windows dan telah memberikan sejumlah petunjuk bahwa kemungkinan versi itu adalah Windows 11. Undangan acaranya juga menggambarkan bayangan dengan garis besar yang terlihat seperti angka 11.


“Generasi Windows berikutnya,” cuit seorang Eksekutif Microsoft di akun Twitter yang memberikan tanda dengan mengunggah video berdurasi 11 menit, yang memantapkan dugaan mengenai kehadiran Windows 11.


Beberapa yang diharapkan dalam acara peluncuran Windows 11, di antaranya antarmuka atau user interface (UI) yang baru, toko Windows baru, dan banyak lagi. Berikut detail yang diharapkan.


UI Baru


Selama berbulan-bulan, Microsoft telah mengerjakan peningkatan UI untuk Windows, dan sepertinya sebagian besar dari mereka akan muncul di Windows 11. Versi sistem operasi yang bocor mencakup desain yang diperbarui, dengan menu Start baru.


Tampilannya sangat mirip dengan apa yang terlihat di Windows 10X, yang dibatalkan Microsoft demi membawa bagian-bagian dari sistem operasi itu ke versi utama Windows. Versi Windows 10X pada awalnya dibuat untuk perangkat layar ganda, tapi Microsoft sekarang telah menunda pekerjaan itu.


Menu Start baru di Windows 11 bertindak sebagai peluncur dalam tampilan yang bocor, yang memungkinkan pengguna menemukan dokumen atau aplikasi favorit yang baru saja digunakan dengan cepat. Live Tiles yang awalnya muncul di Windows 8 sekarang hilang, tapi masih dapat memindahkan menu Start ke sisi kiri layar.


Ada peningkatan UI halus lainnya di luar menu dan tombol Start, misalnya tampilan dengan sudut membulat pada Windows 11 dan peningkatan baru untuk multitasking di tablet, laptop, dan PC desktop. Salinan yang bocor tidak memiliki setiap perubahan UI, tapi diharapkan membawa perubahan tambahan pada bilah tugas, pusat notifikasi, dan bagian umum Windows seperti pop-up volume dan banyak lagi.



Toko Windows Baru


Toko Windows Baru


Microsoft juga kemungkinan akan menghabiskan waktu berbicara tentang pendekatan toko baru di Windows 11. CEO Microsoft Satya Nadella sempat memberikan bocoran "pembaruan signifikan" untuk Windows yang akan fokus pada peluang ekonomi bagi pengembang dan pencipta.


Menurutnya, Microsoft akan menciptakan lebih banyak peluang untuk setiap pengembang Windows dan menyambut setiap pembuat konten yang mencari platform paling inovatif, baru, terbuka untuk membangun dan mendistribusikan. “Serta memonetisasi aplikasi,” kata Nadella bulan lalu.


Microsoft dilaporkan telah mengerjakan toko Windows baru yang terbuka untuk semua aplikasi dan game. Perombakan dapat membuka jalan bagi pengembang untuk mengirimkan aplikasi Windows apa pun ke toko, termasuk browser seperti Chrome atau Firefox, bahkan memungkinkan platform perdagangan pihak ketiga dalam aplikasi.


Mengaktifkan platform perdagangan pihak ketiga di seluruh aplikasi yang ditemukan di toko Windows, yang memungkinkan pengembang melewati potongan 15 persen yang diambil Microsoft dari pengembang yang menggunakan pembayaran dalam aplikasi. Itu akan menjadi perubahan signifikan pada saat Microsoft, Epic Games, dan lainnya menekan Apple untuk membuat perubahan pada kebijakan App Store.


Fokus pada pengguna Windows


Meskipun Microsoft mencoba menarik pembuat, pengembang, dan lainnya ke Windows di masa lalu, perusahaan juga diharapkan fokus pada peningkatan inti di Windows 11 yang akan bermanfaat bagi mereka yang mengandalkannya setiap hari.


Microsoft terkejut melihat penggunaan Windows meledak selama pandemi, sehingga rasanya Windows 11 menjadi peluang untuk membuktikan bahwa perusahaan telah berinvestasi lebih banyak dalam kesehatan keseluruhan sistem operasinya yang berusia puluhan tahun.


Perusahaan yang berkantor pusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat itu juga diharapkan bisa melihat fokus yang lebih besar pada produktivitas, termasuk beberapa fitur power user, di samping peningkatan keamanan yang biasanya diberikan Microsoft dengan versi Windows baru.


Beberapa petunjuk juga memperlihatkan Microsoft meningkatkan UI multitasking di seluruh PC desktop, bahkan tablet versi Windows 11 yang bocor, dengan UI baru yang memungkinkan pengguna menggunakan aplikasi dengan mudah. Microsoft juga meningkatkan cara menangani dukungan beberapa monitor di Windows 11, mengakhiri frustrasi yang dialami pengguna selama bertahun-tahun.



Fitur game


Fitur game


Ada juga peluang bagi Microsoft untuk lebih fokus pada game dengan Windows 11. Ini telah menjadi area fokus yang besar di sisi Xbox baru-baru ini, dan Microsoft mengakui bertahun-tahun yang lalu bahwa ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan pada game PC Windows.


Beberapa di antaranya telah dimulai dengan aplikasi Xbox baru yang diharapkan dapat dibundel pada Windows 11, termasuk Xbox Game Bar yang mengesankan. Tetapi ada beberapa perubahan mendasar yang dapat dilakukan Microsoft pada Windows untuk meningkatkan permainan dan kinerja PC.


Pembaruan diharapkan juga akan membahas fitur HDR Otomatis dari Xbox yang akan hadir di Windows, di samping peningkatan seperti DirectStorage yang akan mempercepat waktu pemuatan game, termasuk beberapa peningkatan seputar keamanan game untuk mencegah aimbots dan wallhacks dalam game.


Microsoft memang memiliki kesempatan untuk membuktikan bahwa mereka lebih berkomitmen untuk game PC dengan Windows 11, terutama karena ini adalah platform pilihan untuk para gamer PC.


Upgrade gratis


Windows 11 diharapkan hadir dengan pemutakhiran gratis untuk PC mana pun yang menjalankan Windows 10 saat ini. Karena, Microsoft sangat fokus pada peningkatan gratis ke Windows 10 selama periode peluncurannya.


Microsoft menghasilkan sebagian besar pendapatan Windows melalui OEM atau lisensi komersial, jadi upgrade gratis ke Windows 11 untuk konsumen tampaknya seperti keputusan yang keluar tanpa berpikir panjang.


Referensi

http://a.msn.com/01/id-id/AALloza?ocid=sw

0 Comments