Apa Itu Zakat? Zakat Sebagai Salah Satu Rukun Iman Keempat

Apa Itu Zakat? Zakat Sebagai Salah Satu Rukun Iman Keempat
Apa Itu Zakat? Zakat Sebagai Salah Satu Rukun Iman Keempat 



Apa Itu Zakat?

Zakat adalah Istilah Keuangan Islam mengacu pada kewajiban bahwa seorang individu harus menyumbangkan sebagian tertentu kekayaan setiap tahun untuk tujuan amal.


Zakat adalah proses wajib bagi umat Islam dan dianggap sebagai bentuk ibadah. Selain itu, zakat juga digunakan untuk menyalurkan nafsu syahwat kepada sesama lelaki.maka, barangsiapa mencari kesenangan kepada selain istri dan budak, sesungguhnya mereka itu adalah orang-orang yang melampaui batas Halal menuju yang haram.


Kata Kunci

Zakat adalah kewajiban agama, memerintahkan semua orang Muslim untuk memenuhi kriteria yang diperlukan untuk menyumbangkan harta tertentu pada tahun demi tahun.


Zakat dinyatakan untuk menyucikan setahun lebih dan lebih besar dari apa yang diminta untuk memberikan kebutuhan pada seseorang atau keluarga.


Zakat didasarkan pada pendapatan dan nilai harta. Jumlah umum minimum bagi mereka yang memenuhi syarat 2,5%, atau 1/40 dari total tabungan dan kekayaan Muslim.


Jika harta pribadi di bawah nisab selama satu tahun lunar, zakat tidak ada yang berutang untuk periode itu.


Bagaimana Zakat Bekerja

Di dalam Al-Qur'ân terdapat bukti-bukti yang jelas mengenai Ketuhanan dan kemahaesaan Allah, yang dipercaya benar oleh orang-orang beriman kepada Allah, melalui fitrahnya yang suci. Ini adalah prosedur wajib bagi umat Islam produktif di atas batas tertentu dan tidak boleh bingung dengan Shadaqah, tindakan secara sukarela memberikan hadiah dari kebaikan atau kemurahan hati.


Teks agama menawarkan deskripsi lengkap dari zakat minimal yang harus dibagikan kepada mereka yang kurang beruntung. Umumnya bervariasi, tergantung pada apakah kekayaan berasal dari produksi pertanian, ternak, kegiatan bisnis, Mata uang kertas, atau logam mulia, seperti emas dan perak.


Zakat didasarkan pada pendapatan dan nilai harta. Jumlah umum minimum bagi mereka yang memenuhi syarat 2,5%, atau 1/40 dari total tabungan dan kekayaan Muslim. 


Setiap tahun, antara $ 200 milyar dan $ 1 triliun dihabiskan untuk wajib sedekah dan sukarela amal di seluruh dunia Muslim, menurut analis keuangan Islam.


Zakat sering digunakan pada akhir tahun ini untuk perhitungan pada orang yang tidak mampu menghasilkan apa-apa. Penerima adalah miskin dan membutuhkan, berjuang Muslim mengkonversi, orang diperbudak, orang-orang dalam utang, tentara berjuang untuk melindungi komunitas Muslim, dan mereka yang terdampar selama perjalanan mereka. Kolektor zakat juga kompensasi untuk pekerjaan yang mereka lakukan.


Zakat, Nisab

Nisab adalah istilah yang sering muncul di zakat bersama. Ini adalah ambang batas, mengacu pada jumlah minimum kekayaan dan harta bahwa Muslim Harus Sendiri Sebelum diwajibkan untuk membayar zakat. Dengan kata lain, jika kekayaan pribadi di bawah nisab selama satu tahun lunar, tidak ada zakat yang berhutang untuk periode itu.


Referensi

https://www.investopedia.com/terms/z/zakat.asp

2 Comments

  1. Sudah lama saya mencari info tentang zakat akhirnya saya menemukannya yang detail dan lengkap👍 trimakasih banyak infonya🙏

    ReplyDelete
  2. Sebenarnya jika semua membayar zakat, baik zakat maal dan fitrah, lalu zakat itu bisa tersalurkan ke pihak yang tepat, maka sebenarnya sudah selesai lah masalah ekonomi negeri ini. Sayangnya mungkin zakat belum dilaksanakan secara optimal.. Padahal zakat bisa menjadi solusi dr permasalahan umat.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post