Ticker

6/recent/ticker-posts

Klasifikasi Lapangan Usaha Rumahan, Hasil Tidak Mengecewakan

Klasifikasi Lapangan Usaha Rumahan, Hasil Tidak Mengecewakan


Klasifikasi lapangan usaha. Harga kebutuhan pokok naik, tidak ada salahnya untuk membuka usaha rumahan yang menguntungkan. Faktanya, banyak sekali orang yang sukses dalam menggarap bisnis rumahan. 



Kisah ini bisa menjadi inspirasi untuk kamu yang ingin membuka usaha rumahan. Sebelum memulai, ada beberapa hal yang bisa kamu siapkan terlebih dahulu. Inilah beberapa cara yang harus diperhatikan sebelum membuka usaha rumahan.



Peluang Usaha Rumahan yang Tak Ada Matinya

  1. Mempelajari Pengelolaan Administrasi yang Baik

  2. Jangan Takut Gagal

  3. Memilih Usaha Rumahan yang Sesuai dengan Passion

  4. Tentukan Visi dan Misi

  5. Menghitung Modal yang Dibutuhkan

  6. Menentukan Waktu yang Tepat untuk Memulai Usaha Rumahan

  7. Mencari Strategi Promosi yang Tepat



Peluang Usaha Rumahan yang Bisa Bikin Untung

1. Berjualan Pulsa Elektrik dan Paket Internet

Dengan zaman yang semakin maju, telepon genggam sekarang telah menjelma menjadi komoditas utama yang hampir tidak bisa dipisahkan dengan kebutuhan manusia.

Hal yang diperlukan hanyalah sebuah telepon genggam yang dibutuhkan untuk mengirim pulsa elektrik dan paket internet.



Untuk memulai bisnis ini, kamu bisa mendaftarkan diri sebagai agen ke distributor pulsa dan paket internet ternama yang bisa kamu cari secara online.



2. Berjualan Camilan/Makanan

Berjualan makanan atau camilan adalah peluang bisnis yang tidak pernah ada matinya.

Dengan potensi yang besar, diperlukan juga sedikit riset agar usaha yang dijalankan di rumah ini berjalan dengan lancar.

-Berjualan Aneka Kue

Seperti kebanyakan orang, masyarakat Indonesia doyan sekali dengan yang namanya camilan.

Camilan yang disukai orang Indonesia antara lain:

    Brownies kukus

    Donat

    Kue Bolu

    Kue Lapis

    Risoles


-Membuka Warung Makan

Dengan modal yang kecil, kamu sudah bisa membuka usaha rumah makan di rumah.

Untuk memulai, kamu bisa mendesain ulang sebuah ruangan agar lebih nyaman dipakai untuk makan oleh para calon pembeli.



3. Membuka Jasa Laundry Kiloan

Dengan peluang seperti ini, membuka usaha laundry kiloan bisa menjadi ladang emas yang siap dikeruk. Dengan lokasi yang tepat dan strategi pemasaran yang direncanakan dengan matang, usaha rumahan ini akan segera memberikan pundi-pundi tambahan.



4. Membuka Jasa Penjahit Pakaian

Usaha ini selalu dibutuhkan oleh orang karena banyak sekali peluang bisnis yang bisa kamu manfaatkan. Bayangkan saja berapa pernikahan yang terjadi dalam setahun dan hitung berapa seragam pernikahan yang bisa kamu jahit.



5. Membuka Jasa Tempat Cuci Motor

Coba perhatikan tempat cuci motor mana yang selalu terlihat sepi.

Belum lagi saat musim hujan datang, pelanggan dengan motor kotornya akan semakin bertambah.

Dengan modal tidak sampai 8 juta, kamu sudah bisa membuka usaha ini.



6. Membuka Rental Playstation

Dunia game akan terus berkembang seiring berkembangnya teknologi.

Dengan bermodal 2 TV dan 2 Playstation 4, kamu sudah bisa membuka rental sendiri di rumah.

Walaupun modal yang dikeluarkan cukup besar, bisnis ini adalah usaha yang cepat balik modal mengingat animo masyarakat, apalagi para remaja, terhadap game.




7. Membuka Jasa Foto dan Video

Jasa foto dan video yang kamu buka bisa melayani bermacam-macam keperluan seperti acara pernikahan, foto wisuda, dan masih banyak lagi.

Modal yang kamu perlukan hanyalah ruangan yang bisa dipakai untuk studio, kamera, dan komputer untuk keperluan editing.



8. Membuka Jasa Pemberi Feedback untuk Website Baru

Usaha seperti ini pasti tidak asing lagi di kalangan freelancer.

Dengan modal koneksi internet, kamu sudah bisa melakukan usaha ini di rumah.



9. Membuka Warung Kopi, Usaha di Depan Rumah yang Potensial

Kopi merupakan salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia.

Hal ini bisa dibuktikan dengan menjamurnya kafe yang menawarkan berbagai jenis kopi di setiap sudut kota.



10. Budidaya Ikan Hias

Harga ikan hias terkadang cukup tidak masuk akal. Contohnya, ikan louhan yang sudah jadi harganya ditaksir bisa mencapai ratusan juta.

Jika kamu suka sekali dengan ikan dan tertarik untuk menjadikannya ladang uang, kamu bisa mencoba bisnis budidaya ikan hias.



Bisnis ini harus dilakukan dengan serius karena kamu bakalan berinvestasi banyak sekali uang di sini.



Beberapa tips sukses menjalankan bisnis ikan hias adalah sebagai berikut:

    Mencari jenis ikan hias yang dihargai tinggi

    Mempelajari sistem pasar ikan hias

    Mempelajari cara mengembang biakan ikan hias agar usaha ini bisa bertahan lama

    Mengikuti forum dan komunitas ikan hias untuk memperbesar lingkaran bisnis

    Mempromosikan bisnis dengan strategi yang tepat.



11. Membuka Jasa Desain Grafis

Usaha desain grafis rumahan memang sudah tidak asing lagi didengar.

Pesatnya bisnis yang satu ini didukung oleh perkembangan teknologi yang semakin modern.

Selain itu, masyarakat yang suka dengan hal-hal praktis tentu saja akan mencari jasa yang bisa memudahkan pekerjaan mereka.



12. Membuka Jasa Servis Barang Elektronik

Seiring dengan kemajuan teknologi, tentu banyak sekali barang-barang elektronik yang diproduksi.

Jika kamu suka dengan bidang elektro atau merupakan lulusan jurusan sejenis, kamu bisa mencoba usaha yang satu ini di rumah.



13. Membuka Pertamini di Depan Rumah

Usaha ini cocok sekali untuk kamu yang memiliki rumah di pinggir jalan yang ramai dilalui kendaraan.



Inilah perhitungan kasar rincian modal yang diperlukan untuk usaha Pertamini:

    Harga Pertamini: Rp5 juta

    100 liter bensin: Rp 750 ribu (dengan asumsi harga per liter Rp7.500)

    Biaya listrik per bulan: Kurang lebih Rp 60 ribu

    Alat pemadam kebakaran portable: Rp 150 ribu

    Biaya darurat atau tambahan: Rp 1,5 juta

    Total biaya: Rp7.460.000



14. Menjadi Agen PPOB

Hampir sama dengan bisnis pulsa elektrik, usaha rumahan ini cukup menjanjikan.

PPOB atau Payment Point Online Banking adalah bisnis agen pembayaran resmi.

Dengan menjadi agen PPOB, inilah beberapa pembayaran yang bisa dilayani:

    Pembayaran tagihan PDAM

    Pembayaran tagihan listrik

    Pembayaran tagihan TV berlangganan

    Pembayaran tagihan internet dan telepon

    Pembelian tiket pesawat hingga kereta api

Sebelum memulai, alangkah baiknya untuk mengetahui syarat dan tata cara dalam menjalankan usaha ini.

15. Membuka Jasa Air Minum Isi Ulang

Sebagai salah satu bisnis yang membuat kehidupan lebih mudah, usaha ini sangat menjanjikan karena orang suka sekali dengan hal yang praktis.

Sebelum memulai bisnis ini, kamu perlu membuat riset terlebih dahulu agar investasi yang dikeluarkan tidak sia-sia.



16. Menjadi Youtuber

Untuk menjadi youtuber kamu harus memiliki kreativitas yang tinggi dan kemampuan dalam menyunting video untuk menghasilkan konten yang berkualitas.

Jika kamu memiliki semua kemampuan di atas, bisnis rumahan yang satu ini bisa dijadikan pilihan.



17. Membuka Kursus Memasak

Ini adalah usaha rumahan di kota yang tidak boleh dilewatkan. Pastinya, banyak sekali orang yang ingin sekali belajar memasak, tetapi tidak tahu bagaimana harus memulai.

Beberapa kursus yang bisa kamu buka meliputi membuat kue, membuat aneka snack, memasak makanan khas daerah, dan masih banyak lagi.

18. Konsultan SEO

Seiring berkembangnya teknologi, muncul juga berbagai macam pekerjaan baru, salah satunya adalah jasa SEO.

Jasa yang satu ini sangat dibutuhkan oleh mereka yang membutuhkan traffic dari mesin pencari.

Pekerjaan ini sendiri bisa disebut sebagai bisnis rumahan karena kamu bisa melakukannya di rumah.



19. Ternak Kroto

Siapa sangka ternak kroto bisa menjadi usaha kecil-kecilan yang menguntungkan di rumah?

Telur kroto di alam liar saat ini sudah sangat sulit ditemukan.



20. Jasa Potong Rambut

Meski terkesan sederhana, bisnis kecil-kecilan ini tidak boleh disepelekan karena omset yang didapat bisa sangat besar.


Beragam klasifikasi usaha rumahan tetap potensial seiring passion dan ketrampilan memang mumpuni. Konsumen akan kembali datang dengan pelayanan yang prima. Klasifikasi usaha rumahan perlu didukung pencatatan keuangan yang baik pula agar pemilik usaha maupun usaha yang ditekuni bisa tercatat secara berkualitas dan terbaca perjalanannya, menggunakan aplikasi keuangan secara digital menjadi perlu dan tidak bisa ditunda menuju manajemen bisnis usaha rumahan modern. Software aplikasi dengan pencatatan lengkap bisa didapatkan disini lho sobat pembaca.



Mengapa Pilih Software Kledo

Dapatkan laporan keuangan realtime Login dari mana saja, baik PC, tablet maupun handphone dan lihat laporan keuangan bisnismu secara realtime. Software akuntansi online Kledo akan mempermudah proses bisnismu, mulai dari invoicing, purchasing hingga inventori.



Sobat pembaca bisa menggunakan panduan software akuntansi untuk memaksimalkan usaha dengan menggunakan kledo tentunya. Selamat berwirausaha, salam sukses.


Software Kledo

Software Kledo

Software Kledo

Software Kledo

Software Kledo

Software Kledo

Software Kledo

Software Kledo


Klasifikasi Lapangan Usaha Rumahan, Hasil Tidak Mengecewakan
Klasifikasi Lapangan Usaha Rumahan, Hasil Tidak Mengecewakan


Post a Comment

17 Comments

  1. Tulisan mas Ferry berbobot sekali membahas banyak bisnis rumahan yang bisa kita coba. Btw, saya suka dengan kata2 berbisnis sesuai passion. Itu artinya bisnis sesuai apa yang kita suka ya kak? sehingga kita akan semakin mudah dalam mengelolanya. Karena passion yang dibayar itu sangat menyenangkan ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saling belajar mas wahid, passion akan membranding seseorang sesuai kompetensi yang dimiliki tentunya

      Delete
  2. Sebenarnya memang ada banyak sekali klasifikasi lapangan usaha rumahan. Tinggal kitanya mau nggak berusaha lebih giat lagi. Selain itu, modal juga menentukan sih. Hehehe

    ReplyDelete
  3. Terimakasih bang jadi tercerahkan untuk membuka peluang usaha

    ReplyDelete
  4. Aku tertarik sama yang pertamini mbak. Pengen coba dari dulu tapi masih mikir,karena ada juga tetangga yang punya usaha sama

    ReplyDelete
  5. bisnis jadi bloger dan konten kreator termasuk bisnis rumahan juga loh. lumayan menghasilkan kalo kita tekuni dengan serius

    ReplyDelete
  6. banyak juga ya usaha rumahan yang bisa digeluti
    tinggal disesuIkan dgn kemampuan kita yA

    ReplyDelete
  7. Zaman sekarang justru usaha rumahan lah yg survive. Toko-toko besar, mall, supermall, sekarang sudah dikalahkan dengan usaha rumahan. Peluangnya sangat besar bagi yg kreatif. Banyak banget ide dari catatan Mas Ferry ini.

    ReplyDelete
  8. usaha makanan rumahan sekarang harus lebih smart
    harus bisa marketing digital dan kemasan yang rapi tapi tetap menjaga bentuk makanan

    jika tidak, bakalan cuma buang uang, karena ketatnya persaingan

    ReplyDelete
  9. Keren nih tulisannya.. aku juga lagi mencari bisnis rumahan, memang harus sesuai dengan passion sih supaya bisa enjoy melakukannya ya..

    ReplyDelete
  10. Ada banyak pilihan usaha rumahan yang jika ditekuni akan menghasilkan. Senangnnya kini sudah ada manajemen bisnis usaha rumahan modern. Software aplikasi dengan pencatatan lengkap seperti Kledo ini

    ReplyDelete
  11. Wah, ini inspirasi maknyusss banget untuk yg pengin buka bisnis rumahan ya.
    Makasiii banget Kak Ferry
    buibu pasti hepi nih

    ReplyDelete
  12. Berbisnis dari passion dan kemampuan pribadi akan lebih menyenangkan. Jikapun mengalami pasang surut, kita tak akan gampang luruh karena yang dikerjakan adalah sesuatu yang klop di hati.

    ReplyDelete
  13. Aku setuju diawal usaha perlu menentukan visi dan misi kalau gak bisa kandas deh ditengah jalan, beberapa usaha timay diatas sudah saya jalani tapi gitu deh kalau gak jelas target yg mau dicapai biasanya bisa bubar

    ReplyDelete
  14. Banyak banget ya sebenarnya ide bisnis yang bisa dijalankan dari rumah. Tinggal milih aja nih mau menjalankan yang mana

    ReplyDelete
  15. Usaha makanan rumahan nih menurut saya ga ada matinya.Mati satu tumbuh seribu kira2 seperti kata pepatah ..Btw untuk software pencatatan bisnis ternyata bisa juga ya untuk skala bisnis rumahan boleh dicoba nih buat usaha saya

    ReplyDelete
  16. jadi ada ide buat bisnis rumahan

    ReplyDelete