Penggunaan Fitur atau Aplikasi Via Browser ataupun Smartphone Hasilkan Chache, Berikut Cara Membersihkannya

Penggunaan Fitur atau Aplikasi Via Browser ataupun Smartphone Hasilkan Chache, Berikut Cara Membersihkannya


Penggunaan fitur atau aplikasi via browser ataupun smartphone akan menghasilkan chache. Setiap aplikasi, WhatsApp, mempunyai cache yang disimpan di file penyimpanan atau memori gawai atau gadget (smartphone).


Cache seharusnya dibersihkan rutin. Informasi secara otomatis disimpan oleh browser atau aplikasi ini jika menumpuk terlalu lama dapat menjadi beban pada gawai, gadget (smartphone), sehingga kinerja aplikasi dan kinerja smartphone bisa terhambat, membua lamban dan tak lagi selancar sebelumnya.


Jika Anda mendapati aplikasi WhatsApp menjadi lebih lambat dalam mengunduh file, bisa jadi itu karena tumpukan cache sudah terlalu banyak.


Tumpukan cache ini berasal dari penggunaan data berupa pengiriman video, stiker, pesan suara, foto dan lain sebagainya.


Membersihkan cache langsung dari WhatsApp

Dilansir dari India Today, Anda bisa langsung menghapus cache dari aplikasi WhatsApp yang sedang aktif.

Berikut caranya:

1. Buka aplikasi WhatsApp.

2. Ketuk tiga titik yang ada di bagian kanan atas aplikasi.

3. Pilih "Settings", kemudian pilih "Storage and Data."

4. Klik "Manage Storage" dan Anda akan mendapati deretan kontak WhatsApp yang ada di gawai Anda. Deret kontak ini ditulis urut sesuai kontak yang memakan kapasitas memori paling besar. 

5. Klik kontak, Anda akan mendapatkan berbagai file yang pernah Anda kirim atau terima dari kontak tersebut. File ini bisa berupa foto, video, dokumen, pesan suara dan masih banyak lagi. 

6. Pilih file mana yang mau dihapus satu per satu. Atau Anda bisa pula memilih semua file, dengan cara mencentang "Select All" atau "Pilih Semua" yang ada di pojok kanan atas.

7. Setelah Anda menghapus file dalam kontak tersebut, lanjutkan dengan menghapus file pada kontak-kontak yang lain.

8 Cara yang lain adalah dengan masuk ke dalam folder di bawah kolom bar. Di situ ada dua folder, yaitu file yang sudah diteruskan berkali-kali dan file yang berukuran besar. Anda bisa menghapus file berukuran besar untuk mengurangi jumlah cache secara lebih signifikan.


Setelah beberapa file Anda hapus dari gawai, Anda akan melihat penurunan jumlah cache yang tertera di kolom bar, dan kinerja smartphone pun akan kembali normal.


Penggunaan Fitur atau Aplikasi Via Browser ataupun Smartphone Hasilkan Chache, Berikut Cara Membersihkannya
Penggunaan Fitur atau Aplikasi Via Browser
ataupun Smartphone Hasilkan Chache,
Berikut Cara Membersihkannya (Gambar Pinterest.com)


10 Comments

  1. Oh, pantesan gadgetku sering hang atau keberatan giti
    kudu clear cache ya
    makasi tutorialnya mas

    ReplyDelete
  2. Nah ini dia yang aku cari2! Thank you artikelnya bermanfaat. HP sering lemot, ternyata karena storage full. Setelah coba hapus cache jadi ga lemot lagi

    ReplyDelete
  3. Aq barusan langsung praktek dan ternyata berhasil, wah selama ini nggak sadar kalo cache whattsapp gede juga bikin kinerja hape terganggu

    ReplyDelete
  4. Waaah, aku langsung ambil HP terus coba klik 3 titik di pojokan. Ulalaaaa ternayat banyak amat file yang dikirim maupun mengirim hihihi. Nanti kalau lagi santai mau aku hapus2in ah :D Makasih infonya ya mas :D

    ReplyDelete
  5. Aku kira cuma dengan reset data udah beres.

    ReplyDelete
  6. auto buka WA ... :D

    anehnya ada kontak yang nampak ngabisin memory gede, sesudah saya buka kok isinya:

    no media in this chat

    ReplyDelete
  7. Saya sering nih hapus-hapus cache, bahkan sampai data memory kadang saya hapusin supaya ringan dulu HPnya. Walau setelahnya terpaksa harus login ulang sih, heheheee.

    ReplyDelete
  8. Menurut saya penting ya mas fer untuk membersihkan cache di browser... kita memang harus membersihkan ini dengan rutin supaya biar laptop tidak gampang ngehang dll.

    ReplyDelete
  9. Oalah, ini yg belum dikerjakan nih, padahal hp udah mulai terasa lelet.
    Makasih infonya mas. Siap dipraktekkan utk bersih2 cache di ponsel.

    ReplyDelete
  10. Iya, cache di android memang cukup mengganggu dan ngabisin storage. Saya pribadi tidak mau mencadangkan dan dengan cepat menghapus chat grup. Nyaris tiap malam. Tapi cache terbesar malah dari kontak keluarga karena sering berbagi momen berupa foto/video

    ReplyDelete