Ticker

6/recent/ticker-posts

Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga atau Family Development Session Salah Satu Bentuk Pembinaan Pengetahuan Melalui Sesi dan Modul

Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga atau Family Development Session Salah Satu Bentuk Pembinaan Pengetahuan Melalui Sesi dan Modul


Pertemuan peningkatan kemampuan keluarga atau family development session salah satu bentuk pembinaan pengetahuan melalui sesi dan modul yang disampaikan pendamping sosial Program Keluarga Harapan.


Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga atau family development session Salah Satu Bentuk Pembinaan Pengetahuan Melalui Sesi dan Modul
Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga
atau family development session
 Salah Satu Bentuk Pembinaan Pengetahuan Melalui Sesi dan Modul

Pertemuan peningkatan kemampuan keluarga atau family development session dilaksanakan sebulan sekali. Senin, 7 Juni 2021 berlokasi di Balai Dusun Beru Kecamatan Bumiaji Kota Batu kegiatan tersebut dilaksanakan selama satu jam dimulai pukul 15.30 wib.


Pertemuan peningkatan kemampuan keluarga Program Keluarga Harapan diikuti dua kelompok keluarga penerima manfaat RW 6 dan 7. Keluarga penerima manfaat hadir dengan tetap menggunakan masker, jaga jarak dan mencuci tangan sebelum kegiatan dilaksanakan rutin sebulan sekali.


Pertemuan peningkatan kemampuan keluarga diberikan sebagai bekal pengetahuan untuk keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan. Selain itu pendamping sosial juga diskusi salah satunya perihal data kependudukan untuk sinkron atau sama dengan data terpadu kesejahteraan sosial (dtks), komponen kepesertaan Program Keluarga Harapan (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan sosial).


Pertemuan peningkatan kemampuan keluarga diharapkan tetap diikuti keluarga penerima manfaat sevagai bekal meningkatkan kapasitas pengetahuan untuk perubahan perilaku, informasi Program Keluarga Harapan.


Post a Comment

30 Comments

  1. Baru tahu aku ada program keluarga harapan. Kriterianya untuk masuk kelompok ini apa saja, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengaturan dan penetapan keluarga penerima manfaat sebelimnya masuk di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial kemudian penjelasannya ada di buku pedoman Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial kak.

      Delete
  2. Wah, semoga makin memberikan manfaat dan kesempatan utk makin berkembang
    program keluarga harapan mantuul sekaliiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga Program Keluarga Harapan memberi kemanfaatan bagi keluarga penerima manfaat di seluruh Indonesia sebagaimana pengaturan dalam pedoman umum Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial.

      Delete
  3. Diriku jadi penasaran mas, kegiatan apa saja yang diberikan untuk keluarga harapan ini? Kemudian goals nya apa, apakah bisa meningkatkan taraf kehidupan keluarga? Misalkan yang tadinya hanya berpenghasilan 1 juta bisa jadi 5 juta hingga puluhan juta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan tidak hanya memberikan bantuan sosial non tunai setiap tiga bulan sekali namun juga memberikan peningkatan kemampuan keluarga dalam kegiatan family development session. Beragam kegiatan pendampingan mulai konseling, bimbingan sosial baik case work maupun group work, bahkan empowerment atau pemberdayaan melalui usaha kak. Ada banyak contoh keluarga penerima manfaat sukses berusaha dan menjadi pengusaha, ambil contoh Dahlia Florist bu Siti Mutmainah dengan usaha bunganya di Kota Batu Jawa Timur.

      Delete
  4. Pernah dengar program ini. Syukurlah... semoga program ini bisa membantu keluarga terutama pra sejahtera untuk bisa memiliki kondisi kehidupan yang lebih baik.

    ReplyDelete
  5. Kegiatan yang sangat bermanfaat untuk keluarga muda. Udah ada di seluruh daerah di indonesia belom nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Program Keluarga Harapan atau PKH Kementerian Sosial ada di seluruh Indonesia kak.

      Delete
  6. Akhir2 ini kak ferry sering banget bahas keluarga harapan seperti pertemuan peningkatan kemampuan PKH dalam artikel ini, apakah kak ferry terlibat dalam panitia/voulenter program keluarga harapan ini ya? jadi penasaran. #MaafKepo hehe.

    ReplyDelete
  7. Saya baru tau tentang program ini. Berlaku di seluruh Indonesia atau tidak, Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial salah satu program nasional ada di seluruh Indonesia, salah satunya bertujuan mengurangi angka kemiskinan melalui bantuan sosial non tunai sesuai pengaturan dalam pedoman umum Program Keluarga Harapan.

      Delete
  8. Kegiatan rutin yang baik sekali ini yang bermanfaat bagi keluarga penerima manfaat sebagai bekal meningkatkan kapasitas pengetahuan untuk perubahan perilaku, informasi Program Keluarga Harapan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertemuan rutin sebulan sekali untuk membekali pengetahuan dalam bentuk bimbingan sosial berupa pemberian sesi dan modul Program Keluarga Harapan.

      Delete
  9. Bagus nih ya ada program peningkatan kemampuan keluarga atau family development session kesejahteraan lebih terjamin

    ReplyDelete
  10. Program yang bagus, layak di contoh oleh daerah-daerah yang lain agar keluarga di Indonesia mempunyai harapan untuk menjadi lebih baik lagi secara pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial.

    ReplyDelete
  11. Penerima PKH ditingkatkan kemampuan dan wawasan, berarti otomatis SDM pendamping PKH juga harus diperhatikan wawasan dan kemampuannya, wajib belajar dan menambah wawasan untuk sdm pkh

    ReplyDelete
  12. Upgrade pengetahuan dalam sebuah komunitas itu penting banget menurut saya. Agar bisa terus berkembang semaksimal mungkin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul belajar terus, terus belajar meningkatkan kompetensi.

      Delete
  13. judulnya serasa baca skripsi, Mas Ferry.
    Mungkin karena ruang lingkup Mas Ferry sebagai PNS ya?
    Saya baru tahu program pemerintah yang bertajuk Peningkatan Kemampuan Keluarga ini.
    Solutif banget ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertemuan peningkatan kemampuan keluarga atau family development session (fds) merupakan praktik sosial case work dan group work.

      Delete
  14. Saya baru tahu klo ada program ini, semoga sosialisasinya sampai tempat Saya ya

    ReplyDelete
  15. UPgrade ilmu komunikasi ini penting, karena kan seiring berjalan waktu ilmu2 akan terus update yah, jadi jangan berhenti belajar.

    ReplyDelete
  16. Kegiatannya semoga diterangkan jelas ya, agar semakin banyak yang tahu dan paham

    ReplyDelete
  17. Penerima bantuan PKH ini diwajibkan selalu hadir acara yang diadakan pkh ya mas? Saya suka programnya yang gak cuma membantu meningkatkan kesejahteraan lewat bantuan pendidikan anak tetapi juga orangtuanya ya?

    ReplyDelete
  18. Sama seperti Mas Wahid, saya juga penasaran apakah Mas Ferry terlibat dalam kegiatan sebagai panitia Program Keluarga Harapan yang diceritakan?

    ReplyDelete
  19. program menarik membantu kesejahteraan lewat bantuaan pendidikan

    ReplyDelete
  20. Iya sama, aku juga baru tahu dengan Program Keluarga Harapan begini. Apa di semua wilayah ada? Bagus nih alo di sekitarku juga ada.

    ReplyDelete