Nutrisi Penting di 2 Tahun Pertama Anak, Yuk Simak Bersama

  

Nutrisi Penting di 2 Tahun Pertama Anak


Ini nutrisi penting di 2 tahun pertama anak. Apakah saat ini si kecil masih berusia di bawah 2 tahun? Wah… jangan lupa untuk memanfaatkan momen ini sebaik-baiknya ya. 



Dua tahun pertama kehidupan anak-anak merupakan masa emas pertumbuhan, termasuk perkembangan otak mereka. Delapan puluh persen perkembangan otak terjadi selama periode ini, kemudian otak akan terus berkembang pesat hingga mencapai usia 5 tahun, namun tidak secepat masa keemasan.



Jangan pernah dilupakan juga, pada periode yang kritis ini, kekurangan gizi, akan membawa dampak negatif yang bisa menetap sampai seumur hidupnya, seperti stunting. Karena itulah, anak membutuhkan berbagai nutrisi agar tumbuh kembangnya optimal sekaligus untuk menghindarkan anak dari risiko stunting.


Nutrisi apa saja yang dibutuhkan anak? Berikut sembilan nutrisi yang harus didapat setiap anak:


 

Karbohidrat

Karbohidrat dibutuhkan tubuh sebagai energi agar anak selalu aktif dalam mempelajari hal baru. Banyak makanan yang mengandung karbohidrat, seperti beras merah, buah pisang, atau roti.


Protein 

Jangan tunda mengenalkan protein, termasuk protein hewani pada saat pengenalan MPASI. Protein hewani berperan penting dalam mencegah stunting. Ada beberapa sumber protein hewani yang bisa diolah untuk MPASI, seperti daging ayam, ikan, telur, atau daging sapi.

 

Lemak

Lemak dapat membantu penyerapan vitamin, sekaligus melindungi jaringan dan sistem saraf si kecil. Pilihan sumber lemak untuk si kecil adalah produk olahan susu (keju), minyak zaitun, dan unsalted butter (mentega tawar).


Folat

Folat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh yang sehat. Salah satu dampak kekurangan folat adalah anemia. Sereal gandum utuh, asparagus, bayam, kacang merah adalah contoh makanan kaya folat. 


Vitamin A

Vitamin A bermanfaat untuk membantu pertumbuhan optimal anak, menjaga kesehatan mata dan juga berguna untuk mencegah infeksi. Makanan yang mengandung vitamin A meliputi wortel, ubi jalar, bayam, dan lain-lain.


Zat besi

Kekurangan zat besi pada periode emas pertumbuhan anak berisiko menurunkan kecerdasan. Untuk itu, kita perlu memberikan bahan MPASI yang mengandung zat besi tinggi, seperti bayam, telur, daging sapi, atau hati ayam. 


Kalsium

Makanan berkalsium sangat penting agar pertumbuhan bayi tidak terhambat. Beberapa pilihan makanan berkalsium yang bisa diberikan pada MPASI antara lain; keju, yoghurt, sayuran hijau, dan tahu.


Serat

Anak membutuhkan serat untuk menjaga saluran pencernaan dan mencegah sembelit. Banyak buah dan sayur yang mengandung serat dan vitamin di dalamnya, seperti wortel, alpukat, atau apel.


Itulah beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan anak di 2 tahun pertama usianya. Jangan sampai ada yang terlewat, ya, agar si kecil bisa tumbuh optimal dan terbebas dari stunting.



Ini Nutrisi Penting di 2 Tahun Pertama Anak
Nutrisi Penting di 2 Tahun Pertama Anak,
Perhatian Buat Keluarga

18 Comments

  1. Betul setuju banget nutrisi di 2 tahun pertama sangat menentukan untuk tahun2 berikutnya ya jadi jangan sampai terlewat deh....

    ReplyDelete
  2. Setuju... penting banget untuk memenuhi gizi seimbang untuk buah hati di masa tumbuh kembangnya. Saya rasakan banget sih manfaatnya di anak-anak saya sekarang.-ibukutubuku

    ReplyDelete
  3. Kemarin sempat ikut webinar tentang tumbuh kembang anak, dan memang kebutuhan zat besi serta serat itu sangat penting bagi anak, karena ternyata kalau kekurangan 2 nutrisi tersebut akan berdampak saat mereka dewasa nanti. Terima kasih sharing nya ya, Mas.

    ReplyDelete
  4. ortu kudu paham serba serbi kebutuhan nutrisi utk anak

    agar tumbuh kembang optimal yak.

    ReplyDelete
  5. Memang ya, masa 0-2 tahun itu penting banget untuk menentukan bagaimana hidupnya ke depan ya, nutrisi itu penting banget di usia segini, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terhadap tumbuh kembangnya :)

    ReplyDelete
  6. usian 2 tahun masih masuk usia emas anak, ya. Memang harus diperhatikan banget nutrisinya. Anak masih pesat tumbuh kembangnya

    ReplyDelete
  7. Bagus sharing nya
    Masyarakat harus sering sering membaca tulisan seperti ini agar bisa menyiapkan gizi bagi anak anaknya

    ReplyDelete
  8. Nutrisi penting di 2 tahun pertama jangan sampai terlewat, karena akan menentukan tumbuh kembangnya di tahun berikutnya dan seterusnya.

    ReplyDelete
  9. Di periode emas pertumbuhan anak emang penting banget dijaga pola makan dan asupan vitamin apa aja yang masuk ke mulut anak biar perkembangannya optimal

    ReplyDelete
  10. Setiap anak tentunya perlu sekali diberikan nutrisi yang cukup sehingga tidak mengalami gizi buruk ya. Orang tua yang care terhadap anak pastinya sudah menyiapkan beragam nutrisi yang dibutuhkan untuk anaknya.

    ReplyDelete
  11. Saya pikir dulu folat itu untuk ibu hamil saja ternyata anak anak juga perlu ya pak. Anak kalau bisa maksimal nih nutrisinya agar mendukung kecerdasan juga

    ReplyDelete
  12. Bener banget istilah di 1000 Hari pertama yg menentukan tumbuh kembang kecerdasan , motorik anak2 hingga dia dewasa... Jadi peer banget nih buat ortu dr awal kehamilan hingga usia 2 th memenuhi kecukupan gizi yg lengkap dn tepat

    ReplyDelete
  13. Setuju sekali kak di masa-masa anak dibawah usia 2 tahun Kita memang harus memperhatikan banget nutrisinya ya kak, sayang banget kalau sampai Kita tidak perduli pada asupan nutrisinya

    ReplyDelete
  14. Setuju banget, penting banget nutrisi yang diberikan kepada anak di masa golden age ini

    ReplyDelete
  15. 0-2 tahun memang masa-masa emas tumbuh kembang anak. Pemberian ASI pun diusahakan maksimal 24bulan. Meskipun sudah banyak bantuan alias pengganti nilai gizi ASI, setidaknya ASI tidak mengeluarkan dana lebih.

    ReplyDelete
  16. 1000 hari pertama si kecil emang masa paling prestisius, makanya semua stimulan diberikan termasuk penting asupan makanan dan nutrisi terbaik buat anak.
    Supaya kelak dia menjadi generasi unggul 👍

    ReplyDelete
  17. Bener banget mba, urusan nutrisi di awal tahunnya memang menjadi fokus untuk kelangsungan tumbuh kembangnya nanti ya, makasih sharingnya

    ReplyDelete
  18. Belajar banyak aku, memang 1000 hari pertama menurut dokter dan dinkes harus banyak memenuhi kebutuhan nutrisi untuk asupan anak biar sehat dan tumbuh dengan baik

    ReplyDelete
Previous Post Next Post