Usaha Sendiri, Kerja Sendiri Bangun Usaha Siasat Jitu

 

Usaha Sendiri, Kerja Sendiri Bangun Usaha Siasat Jitu
Usaha Sendiri, Kerja Sendiri Bangun Usaha Siasat Jitu (Modul Program Keluarga Harapan)


Usaha sendiri, kerja sendiri bangun usaha siasat jitu. Program Keluarga Harapan melalui modul ekonomi dan perencanaan usaha memberikan bekal pengetahuan ekonomi menuju kemandirian atau pemberdayaan. Materi tersebut diberikan secara bergantian setiap bulan ketika pertemuan peningkatan kemampuan keluarga atau family development session fds). 


Usaha Sendiri, Kerja Sendiri Bangun Usaha Siasat Jitu
Usaha Sendiri, Kerja Sendiri Bangun Usaha Siasat Jitu

Memulai usaha bisa dimulai dari keinginan kuat memberdayakan ekonomi keluarga, memanfaatkan ketrampilan yang dimiliki. Memulai usaha dimulai dari pertimbangan pertama hal yang mendukung usaha meliputi kekuatan, maupun peluang kedua berupa hal yang menghambat seperti ancaman misalnya segala sesuatu yang bisa menjadi penyebab hambatan usaha.


Usaha Sendiri, Kerja Sendiri Bangun Usaha Siasat Jitu
Usaha Sendiri, Kerja Sendiri Bangun Usaha Siasat Jitu


Selain itu ada tolak ukur ketika usaha mandiri. Sebagai bahan berjalannya usaha sendiri tentu modal menjadi bahan penunjang usaha sendiri, kerja sendiri bangun usaha siasat jitu. Modal bisa dimulai dari kemampuan yang dimiliki. Secara bertahap perlu dievaluasi perkembangan usaha dengan modal yang dimiliki sendiri.
Usaha Sendiri, Kerja Sendiri Bangun Usaha Siasat Jitu
Usaha Sendiri, Kerja Sendiri Bangun Usaha Siasat Jitu


Usaha sendiri, kerja sendiri siasat berikutnya yang menjadi perhatian dan catatan ialah pemasaran. Kiat memasarkan diantaranya, tempat usaha sendiri strategis, produk yang dijual bermutu baik, barang yang dijual kompetitif.


Usaha Sendiri, Kerja Sendiri Bangun Usaha Siasat Jitu
Usaha Sendiri, Kerja Sendiri Bangun Usaha Siasat Jitu



Usaha sendiri, kerja sendiri mampu memberdayakan ekonomi keluarga secara bertahap dan ketekunan menjadi panduan dalam berusaha. Pemberdayaan ekonmi melalui usaha jika dirangkum pertama pertimbangkan kelayakan ide usaha, kedua susun usaha secara matang, ketiga pantau keuangan secara rutin. Semoga usaha sendiri terus berkah dan berkembang.



23 Comments

  1. Nice tips bagi para pemula wirausaha

    ReplyDelete
  2. Niat ada, tapi kadang ide usahanya apa, itu yang gak ada 😁 Itu kenapa perlu adanya pendampingan ya mas, karena ga semua orang punya ide kreatif. Kalau udah ketemu orang² dengan banyak ide biasanya baru dapat inspirasi. Kemampuan bersiasat perlu dipelajari.

    ReplyDelete
  3. Kepengen deh aku punya usaha sendiri yang bisa menjadi sumber penghasilan keluarga. Oh, ada tolok ukur usaha disebut mandiri ya mas. Btw memang sih selain niat dan kerja keras, modal tentu sangat dibutuhkan ya. Thansk sharingnya :)

    ReplyDelete
  4. wah mantap banget tipsnya mas
    memang jadi pengusaha itu harus ulet dan tangguh ya mas

    ReplyDelete
  5. saya juga sebelum memulai usaha, saya terapin dulu ilmu yang saya dapat dari pelatihan kewirausahaan.

    Ilmu kewirausaan itu luas banget. mulai dari pra usaha dengan survei produk dan survei lokasi, juga survei harga dan logistiknya. Analisa ketika usaha dijalankan seperti HPP dan BEP. Hingga perlu adanya survei produk ulang untuk menjajak kepuasan para pelanggan. Sehingga produknya bisa di-improve sesuai kebutuhan pelanggan.

    ReplyDelete
  6. Sri Mulyani pernah bilang, orang Indonesia punya banyak ide tapi lemah pelaksanaannya
    Termasuk utk usaha, ide banyak tapi sering gak ulet. Begitu jatuh gak mau bangun dan berlari lagi

    ReplyDelete
  7. ilmu kewirausahaan memang sangat luas, jadi harus perlu dipelajari agar bisa membangun usaha sendiri. dan jangan lupa ulet dan usaha keras itu sangat diperlukan, sukses selalu ...

    ReplyDelete
  8. Harus mengumpulkan niat, bukan sekedar modal yah untuk menjadi pengusaha dan mendiirikan usaha sendiri. Ide yang penting, modal nomor dua.

    ReplyDelete
  9. Yang penting berani aj dulu ya mas. Namany usaha sendiri pasti ada pasang surutnya. Sayapun mengalaminya.

    ReplyDelete
  10. Aku masih lemah diesekusi idenya, takut ini itu. Tapi kalau gak dicoba kapan punya usahanya. Makasih kak tulisannya, jadi memberikan motivasi untuk memiliki usaha dari rumah.

    ReplyDelete
  11. Saya pun pengen punya usaha sendiri, tapi masih bingung juga usaha yang kayak apa. Dan yang kayak saya ini bisa jadi jumlahnya ada banyak. Memang butuh pendampingan juga ya, dari pencarian ide, memulai merintis, bahkan juga saat usahanya sudah jalan

    ReplyDelete
  12. Ada modal tapi suka bingung ide mana yang dieksekusi pak, keseringan modalnya jadi ambyarrr

    ReplyDelete
  13. Bener banget, usaha sendiri itu tanpa siasat dan persiapan yang jitu berujung gulung tikar tanpa balik modal, hiks.
    Sekarang yang mau berusaha harus menerapkan ide jitu ini sebelum mulai agar sukses nih.

    ReplyDelete
  14. sebagai salah satu program pemerintah, Program Keluarga Harapan sangat membantu ya?

    terlebih untuk pelaku ultra mikro

    ReplyDelete
  15. saya juga berharap ke depan bisa bangun usaha juga tetapi untuk saat ini memulainya mungkin berat pasalnya terbentur di pendanaan, semoga segera terwujud, terima kasih atas artikelnya,

    ReplyDelete
  16. Tapi usaha yang baik itu adalah yang segera dilakukan. alangkah lbh baik lagi dengan perencanaan yg baik. Setidaknya bgtu kata Bob Sadino yg paling kuingat.

    Dukungan berbagai pihak terutama pemerintah sangatlah membantu para pelaku usaha mikro...

    smoga bertahan lama programnya.

    ReplyDelete
  17. Kunci sukses usaha sendiri dan kerja sendiri ada pada siasat jitu yang dahsyat secara teori harus dipraktekkan sungguh-sungguh supaya hasilnya juga dahsyat.

    ReplyDelete
  18. Nice tipsnya nih mas buat yang mau usaha cus dibaca nihh

    ReplyDelete
  19. Saya termasuk juga yang pengen banget usaha sendiri, pernah coba meski belum bisa dikatakan berhasil karena memulainya bertepatan dengan corona masuk. Usaha memang harus fokus dan serius ya agar hasilnya maksimal.

    ReplyDelete
  20. merencanakan usaha memang bersemangat, tetap untuk memulai usaha itu sendiri cukup sulit karena banyak ketakutan yang dihadapi. terimakasih atas sharing nya, jadi untuk memulai usaha harus siapkan banyak perencanaan dulu ya supaya bisnis nya lancar jaya

    ReplyDelete
  21. Memulai usaha sendiri harus memiliki sikap tidak menyerah, mau terus belajar ,dan memiliki perencanaan yg matang

    ReplyDelete
  22. wah iya, klo me punya usah sendiri yg maju ya harus direncanakan dan dipersiapkan secara matang ya mas

    ReplyDelete
  23. Wah intinya kita harus jadi bos di usaha yang sedang kita jalani ya. Keren tipsnya.

    ReplyDelete

Flag Counter