komunitas sahabat blogger

Vaksinasi COVID-19 Bisa Diakses Mandiri oleh Warga Kota Batu

Vaksinasi COVID-19 Bisa Diakses Mandiri oleh Warga Kota Batu

Salah satu langkah panjang untuk menuntaskan persoalan COVID-19 adalah dengan vaksinasi. Sejalan dengan pemerintah pusat, Pemerintah Kota Batu juga menyegerakan program vaksin COVID-19 yang bisa diakses semua kalangan. Dengan memfokuskan pada titik-titik acuan Fasilitas Kesehatan di tiap kecamatan, pemerintah berharap semua masyarakat segera memperoleh vaksin. Hal ini menjadi penting sebab diketahui bahwa seseorang yang sudah divaksin hanya akan mengalami gejala ringan sekalipun harus terinfeksi COVID-19.


Negara besar seperti Inggris, Singapura, dan Tiongkok yang telah mengumumkan berdamai dengan COVID-19 adalah negara-negara yang paling gencar menggalakkan vaksin. Dengan program dan geliat yang serupa, Indonesia, dalam wajah kecil Kota Batu diharapkan segera mendapatkan kedamaian yang serupa.



Harapan tersebut dapat terwujud dengan banyaknya ruang vaksinasi yang bisa diakses masyarakat. Jika selama ini kita mendapat pengumuman dari pengurus desa, pimpinan perusahaan, atau informasi vaksin massal, kini secara individu masyarakat dapat mendaftar sendiri. Proses ini memerlukan banyak ruang yang berkemauan menjadi zona vaksinasi. Beberapa fasilitas kesehatan pun ditunjuk Pemerintah Kota Batu bersama Satgas COVID-19 Kota Batu, yakni sebagai berikut.


  1. RS Karsa Husada
  2. RS Baptis Batu
  3. RS IPHI Batu
  4. Puskesmas Bumiaji
  5. Puskesmas Junrejo
  6. Puskesmas Beji


Gambar di bawah ini menjelaskan Contact Person yang bisa dihubungi untuk melaksanakan proses pendaftaran. Dengan menghubungi nomor tersebut sekaligus kita bisa membuat jadwal kedatangan di mana dan kapan kita akan divaksin.


Vaksinasi COVID-19 Bisa Diakses Mandiri oleh Warga Kota Batu
Vaksinasi COVID-19 Bisa Diakses Mandiri oleh Warga Kota Batu




Syarat utama yang perlu disediakan dalam vaksinasi ini adalah KTP asli Kota Batu, Surat Keterangan Domisili bagi yang bukan warga asli Batu, dan konfirmasi ketersediaan slot ketika proses pendaftaran. Selain itu, harus diperhatikan pula bahwa penerima vaksin adalah seseorang yang berusia di atas 12 tahun dan lolos screening kesehatan.


Calon penerima vaksin bisa mendaftar secara online atau bisa juga langsung mendatangi fasilitas kesehatan di atas. Namun demikian, bukan berarti pendaftar akan mendapat jatah vaksin hari itu juga. Calon penerima vaksin diharuskan menunggu info lanjutan dari penanggung jawab di faskes tujuan. Info ini terkait ketersediaan stok vaksin di tanggal yang dipilih oleh pendaftar. Maksimal H-1 sebelum pelaksanaan vaksin pendaftar akan menerima pesan melalui WhatsApp terkait kapan vaksinasi dilakukan. Perlu diperhatikan juga bahwa calon penerima vaksin hanya boleh mendaftar pada satu faskes saja.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url