Mengisi liburan sekolah lebih bermanfaat di masa pendemi

Mengisi liburan sekolah lebih bermanfaat di masa pendemi


https://www.kolase.site/2021/06/Liburan Sekolah Lebih Bermanfaat di Masa Pendemi .html
Image by Trang Le from Pixabay

Mengisi liburan sekolah lebih bermanfaat di masa pendemi

Ada yang berbeda dengan liburan sekolah akhir semester di tahun ini. Ya, suasana kebanyakan di daerah-daerah di Indonesia masih pada masa pendemi.

Untuk mengurangi kejenuhan anak-anak dimasa liburan sekolah, dan juga selama dirumah saja akibat tidak bisa kemana-mana karena pandemi covid-19, banyak hal yang bisa dilakukan di rumah atau dilingkungan tempat tinggal.  Berikut ini beberapa kegiatan yang dapat Mengisi liburan sekolah lebih bermanfaat di masa pendemi :


Mengisi liburan sekolah lebih bermanfaat di masa pendemi

Kerja bakti/Mengerjakan Pekerjaan di Rumah.

Kegiatan ini akan menumbuhkan pendidikan karater yaitu membangun kerjasa dan tanggungjawab seluruh anggota keluarga terhadap pekerjaan dirumah, selain itu dapat mengajarkan anak untuk hidup mandiri.. Bentuk kegiatan ini dapat berupa membersihkan kamar, merapikan meja belajar, membersihkan di dalam dan luar rumah, mencuci piring, membersihan dan mengubah letak perabot rumah, menghias rumah dengan beberapa asesoris, mengecat rumah dan kegiatan lainnya.

Berkebun/Bercocok Tanam di Sekitar Rumah

Anak-anak dapat mulai diajak untuk berkebun/bercocok tanam dan mengenal berbagai jenis tanaman. Kegiatan ini dapat dapat dilakukan di kebun sekitar rumah, tetapi jika lahan di rumah terbatas bisa menggunakan cara hidroponik tau menanam dalam pot. Kegiatan berkebun/bercocok tanam dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan yang dapat menghilangkan rasa bosan anak selama liburan di rumah.  selain itu berkebun/bercocok tanam juga memberi pengajaran kepada anak tentang rasa tanggung jawab dan anak dapat belajar ilmu pengetahuan baru dan menumbuhkan sense of nature dalam diri anak.

Nonton Film Bersama di Rumah

Pilih film yang dapat ditonton oleh semua anggota keluarga. Kegiatan ini memerlukan pendampingan orang tua. Ajarkan kepada anak untuk mengapresiasi film melalui diskusi mengenai jalan cerita di film. Berikan arahana mengenai nilai-nilai moral yang baik yang dapat ditiru dan meninggalkan nilai-nilai negatif dari film yang sudah ditonton.

Berkemah di Pekarangan Rumah.

Jika Anda mempunyai pengkarang di rumah, kegiatan berkemah dapat dilakukan. Kegiatan ini dapat dilaksanakan jika cuaca cerah. Dalam kegiatan berkemah di rumah dapat dilakuan juga kegiatan bermain dan belajar kepada anak.

Membaca dan Menulis Bersama.

Kegiatan membaca dan menulis saat ini sudah berkurang, banyaknyak anak-anak lebih suka bermain gadget. Anak dapat diajak oleh orang tua untuk membaca bersama buku yang disukai anak. Diskusikanlah isi buku tersebut, dimana anak diberi kesempatan untuk mengungkapkan pendapatnya mengenai buku yang sudah dibaca. Kegiatan ini dapat melatih  keberanian anak untuk menyampaikan pendapatnya.

Memasak Bersama

Kegiatan masak bersama dapat mempererat hubungan seluruh anggota keluarga. Selain itu kegiatan ini menyenangkan karena semua anggota keluarga dapat menikmati makanan dari hasil memasak bersama.

Melakukan Olahraga di Rumah.

Olah raga yang dapat diikuti semua anggota keluarga seperti senam, joging, berenang dan olah raga lainnya. Dengan rutin melakukan olah raga selain menyehatkan dan mengurangi stress.

Membuat Kerajinan Tangan

Membuat kerajinan tangan yang unik dan lucu merupakan salah kegiatan positif untuk mengisi waktu liburan sekolah. Kegiatan ini dapat memancing kreativitas anak dan mendorong berkembangnya mental sosial dan emosional anak secara baik. Melalui seni, kemampuan problem-solving anak juga akan terasah  melalui seni. 

Berwisata di Indonesia Secara Virtual

Teknologi virtual dapat dimanfaatkan untuk mengisi waktu liburan sekolah. Seluruh anggota keluarga dapat tempat-tempat wisata melalui teknologi virtual,  orang tua dan anak dapat berpetualang ke  tempat wisata di seluruh Indonesia. Kegiatan ini dapat  memperkenalkan anak aneka  tempat wisata yang terkenal di Indonesia.


Mengisi liburan sekolah lebih bermanfaat di masa pendemi

Demikian beberapa kegiatan yang bermanfaat yang dapat dilakukan di rumah selama liburan sekolah. Walaupun hanya di rumah dapat menghilangkan rasa bosan selama berada di rumah, masih banyak kegiatan lainya yang dapat melatih anak berkreativitas, disiplin dan tanggung jawab.

Post a Comment

Previous Post Next Post